5 Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil Muda, Bisa Dilakukan di Rumah

olahragara untuk ibu hamil
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Sumber : Pexels

Bolehkan berolahraga saat hamil? tentu boleh, olahraga untuk ibu hamil justru dianjurkan.

Masa masa kehamilan bukanlah alasan untuk Anda berhenti berolahraga, Anda justru sangat disarankan untuk tetap berolahraga untuk menjaga kebugaran dan mendukung kesehatan janin Anda. Tentunya dengan pilihan olahraga yang tepat dan aman.

Dilansir dari mayapada hospital, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang aktif, memiliki resiko terkena penyakit diabetes 59% lebih rendah dibandingkan dengan ibu hamil yang kurang aktif.

Berbagai sumber juga menyebutkan bahwa saat sedang hamil, Anda bisa berolahraga setidaknya 150 menit perminggu atau 10-20 menit sehari. Ada banyak pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan saat hamil, beberapa diantaranya bahkan bisa Anda lakukan tanpa harus keluar rumah.

Dilansir dari medical news today, berikut adalah beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil pada masa kehamilan trimester pertama yang bisa Anda lakukan dirumah.

  1. Berjalan Kaki
berjalan kaki

Jalan kaki bisa menjadi olahraga yang bisa dibilang cukup ringan dilakukan oleh ibu hamil. Meskipun terlihat sepele, rutin berjalan kaki ternyata bisa memberikan manfaat yang baik bagi kebugaran saat sedang hamil.

Anda bisa melakukannya ketika pagi hari sehingga cuaca belum terlalu terik. Selain itu, berjalan kaki di pagi hari juga bisa membantu memperbaiki mood atau suasana hati menjadi lebih tenang.

Mulailah dengan berjalan setidaknya selama 10 menit atau sesuai dengan kondisi tubuh Anda, jika sudah merasa capek sebaiknya beristirahat. Kegiatan ini bisa Anda lakukan 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

  1. Yoga
yoga

Olahraga untuk ibu hamil muda yang berikutnya adalah melakukan yoga. Anda pasti sudah tidak asing dengan olahraga yang satu ini.

Beberapa gerakan atau aktivitas saat latihan yoga sangat baik untuk Anda selama masa kehamilan. Beberapa manfaatnya seperti membangun kekuatan dan keseimbangan, melenturkan otot otot agar tidak kaku, mengurangi tekanan darah, hingga melatih pernapasan yang nantinya akan sangat membantu dalam proses persalinan.

Agar lebih aman, Anda bisa mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil. Karena sekarang ini sudah banyak kelas kelas seperti itu baik secara offline maupun online. Jika Anda ingin melakukannya sendiri dirumah, Anda bisa melihat tutorial di youtube dengan sumber yang terpercaya.

Meskipun olahraga ini sangat cocok untuk ibu hamil, tetapi ada beberapa gerakan yang sebaiknya Anda hindari. Berikut beberapa diantaranya.

  • Backbend
  • Mengangkat kaki lebih tinggi dari kepala atau jantung
  • Posisi yang mengharuskan Anda berbaring telentang
  • Gerakan yang memutar perut
  • Posisi yang menguji keseimbangan Anda

Baca juga: 12 Ciri-Ciri Penyakit Maag dan Cara Mengatasinya, Jangan Disepelekan!

  1. Pilates
pilates

Olahraga untuk ibu hamil muda selanjutnya yaitu pilates. Pilates merupakan olahraga yang melatih kekuatan otot-otot inti, keseimbangan, dan juga ketahanan. Meskipun sebagian gerakannya mirip dengan yoga, tetapi pilates berbeda dengan yoga.

Bagi ibu hamil, olahraga pilates sangat bermanfaat untuk memperkuat otot perut dan panggul, meningkatkan mood, mengatasi kelelahan, serta bisa memudahkan proses persalinan. Olahraga ini bisa Anda lakukan sendiri dirumah dengan intensitas 2-3 kali seminggu. Dengan sekali sesi selama 5-10 menit.

Sama halnya seperti yoga, saat melakukan pilates sebaiknya Anda menghindari gerakan gerakan seperti memutar perut, mengangkat kaki diatas kepala atau jantung dalam waktu yang lama.

  1. Berenang
berenang

Hobi berenang saat sebelum hamil? tenang saja, Anda tetap bisa melakukan olahraga yang menyehatkan ini ketika masa kehamilan.

Berenang adalah pilihan olahraga yang tepat buat Anda yang sedang hamil. Olahraga yang satu ini juga sangat mudah dilakukan dan cocok untuk Anda yang tidak suka berkeringat.

Bagi ibu hamil, berenang bisa memberikan banyak manfaat seperti menjaga keseimbangan berat badan, mengobati rasa nyeri punggung, menjadi obat tidur alami, melancarkan peredaran darah dan masih banyak lagi.

Satu lagi manfaat yang cukup penting dari berenang bagi ibu hamil adalah menjaga kesehatan mental ibu hamil. Karena ketika Anda beraktivitas di dalam air, itu bisa sekaligus menjadi terapi yang bisa memperbaiki mood dan membuat Anda lebih rileks.

Baca juga: Berjemur di Pagi Hari Ternyata Banyak Manfaatnya, Lakukan ini Secara Rutin!

  1. Bersepeda Statis
olahraga untuk ibu hamil

Bersepeda secara konvensional terlalu beresiko untuk ibu hamil, misalnya ketika terjatuh atau hentakan yang terlalu keras ketika melewati jalan yang berlubang. Sebagai gantinya, Anda bisa berolahraga menggunakan sepeda statis.

Olahraga ini termasuk pada jenis latihan kardio yang dapat membantu Anda meningkatkan kebugaran jantung. Disamping itu, kegiatan mengayuh sepeda statis juga sendi dan otot kaki Anda.

Pilihlah beban kayuh yang tidak terlalu berat sehingga Anda tidak kelelahan ketika melakukan olahraga yang satu ini, dan apabila sudah merasa lelah, segeralah untuk beristirahat.

Tetap Jaga Kebugaran Tubuh Selama Kehamilan!

Itulah beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil muda. Pilihlah olahraga yang cocok untuk Anda dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda saat ini dan jangan memaksakan berolahraga jika kondisinya tidak memungkinkan.

Meski beberapa olahraga di atas baik untuk kesehatan fisik dan mental, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan guna mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat. Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan lainnya di akun instagram kami.

Artikel Terkait