Home / Berita

Detail Berita

Ingin Badan Lebih Berisi? Ini Dia 6 Makanan Penambah Berat Badan

makanan penambah berat badan

Menaikkan berat badan sama susahnya dengan menurunkan berat badan. Selain harus rutin berolahraga, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, Anda tidak cukup hanya dengan menambah porsi makan menjadi lebih banyak. Tetapi, Anda perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi tubuh Anda dan memilih makanan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan memberikan daftar makanan penambah berat badan yang bisa Anda konsumsi sehari hari. Sehingga Anda bisa mencapai berat badan yang ideal lebih cepat dan sehat.

Berikut ini ada 6 makanan penambah berat badan seperti dilansir dari healthline.

1. Nasi

makanan penambah berat badan 2

Mayoritas orang Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari hari. Nasi merupakan sumber karbohidrat murah yang bisa Anda konsumsi untuk menambah berat badan.

Nasi juga cukup padat kalori, artinya Anda dapat dengan mudah mendapatkan karbohidrat dan kalori dalam jumlah tinggi dari satu porsi nasi. Ini membantu Anda makan lebih banyak, terutama jika Anda memiliki nafsu makan yang buruk atau cepat kenyang.

Anda bisa menyajikan nasi dengan berbagai cara, misalnya dengan menambahkan berbagai lauk yang juga memiliki kandungan yang baik untuk membantu Anda menaikkan berat badan.

2. Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan ataupun selai kacang juga menjadi salah satu makanan penambah berat badan yang cukup sempurna. Hampir sama seperti nasi, kacang juga juga sangat padat kalori.

Salah satu jenis kacang tersebut adalah kacang almond, satu genggam kecil almond (1/4 cangkir) mengandung 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak sehat (7).

Anda bisa menjadikan kacang sebagai cemilan sehari-hari atau menggunakan selai kacang untuk dioleskan ke roti dan makanan lainnya. Tapi, pastikan bahwa selai kacang Anda beli tidak mengandung tambahan gula dan sejenisnya.

Baca juga: 5 Menu Diet Sehat yang Seimbang untuk Menurunkan Berat Badan

3. Kentang

kentang

Daftar makanan penambah berat badan berikutnya yaitu kentang, selain memiliki kandungan kalori yang tinggi, kentang juga mengandung serat, protein, dan vitamin C.

Kandungan kalori dalam kentang jumlahnya bisa berbeda beda tergantung cara Anda mengolahnya. Misalnya 100 gram kentang rebus mengandung 83 kalori, sedangkan dalam 100 gram kentang goreng mengandung 140 kalori.

Anda bisa mengkonsumsi kentang setiap hari dengan berbagai macam olahan yang menyehatkan.

4. Alpukat

alpukat

Buat Anda penggemar buah, Anda bisa menjadikan buah alpukat sebagai asupan makanan penambah berat badan Anda. Buah yang satu ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat.

Alpukat sendiri mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan juga lemak. Bahkan bisa dibilang alpukat merupakan satu-satunya buah yang memiliki kandungan lemak paling tinggi.

Maka dari itu buah ini sangat cocok buat Anda yang ingin menaikkan berat badan. Buah ini bisa Anda sajikan sebagai topping makanan lain, jus, atau dikonsumsi secara langsung.

Baca juga: Definisi, Manfaat dan Tips Penerapan Pola Hidup Sehat Sehari – hari

5. Telur

telur

Selain dari buah buahan dan tumbuh-tumbuhan, Anda bisa mendapatkan makanan penambah berat badan dari hewan, salah satunya adalah telur. Telur memiliki nutrisi berupa protein dan lemak sehat yang bisa membantu Anda menaikkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi telur setiap hari dengan jumlah yang wajar. Dalam 100 gram telur ayam utuh, memiliki kandungan sekitar 154 kalori, 12,4 gram protein, 10,8 gram lemak, dan 0,7 gram karbohidrat.

6. Daging merah

daging merah

Menambah berat badan bukan berarti hanya sekedar menambah lemak yang ada di tubuh, meskipun berat badan Anda naik, tapi bisa dibilang itu juga tidak sehat.

Anda bisa menambah berat badan dengan menambah massa otot, selain dengan rutin berolahraga, Anda juga bisa mengkonsumsi daging merah sebagai makanan pendukung.

Daging merah memiliki kandungan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh untuk merangsang protein otot dan menambah jaring otot baru.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa Anda jadikan sebagai asupan untuk menambah berat badan. Meski begitu, jumlah konsumsi setiap makanan tersebut pun harus Anda pertimbangkan agar tidak terlalu berlebihan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga informasinya bermanfaat, berbagai info menarik lainnya seputar kesehatan bisa Anda temukan di instagram klinik silvi medika

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.