Home / Berita

Detail Berita

Pikir – Pikir Lagi! Ini Dia 7 Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

bahaya minum kopi setiap hari

Dibalik rasanya yang nikmat, kopi ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan.

Minum kopi saat ini seperti sudah menjadi kebiasaan banyak orang, tidak peduli tua atau muda. Bahkan terasa ada yang kurang jika sehari saja tidak menikmati kopi.

Apalagi sekarang ini banyak sekali coffee shop modern yang menjamur dimana-mana sehingga mempermudah siapapun untuk menikmati segelas kopi kapanpun dimanapun. Misalnya ketika nongkrong bersama teman, saat WFH (Work From Home), bahkan muncul istilah WFC (Work From Cafe) dan berbagai aktivitas lainnya.

Meskipun rasanya nikmat, Anda sangat tidak disarankan untuk minum kopi terlalu sering karena bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Lalu, apa saja bahaya minum kopi setiap hari bagi kesehatan? yuk simak sampai akhir.

1. Menimbulkan ketergantungan kafein

Menimbulkan ketergantungan kafein

Bahaya minum kopi setiap hari yang pertama adalah bisa membuat Anda ketergantungan pada kafein. Karena kopi merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki kandungan kafein yang tinggi.

Ketergantungan yang terjadi ketika terbiasa minum kopi setiap hari merupakan bentuk ketergantungan psikologis dan fisik, terutama jika porsinya terlalu banyak.

Dikutip dari healthline, sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari akan mengalami peningkatan rasa lelah, kurang tenaga, sulit konsentrasi, dan lain sebagainya setelah 16 jam tidak minum kopi.

2. Menimbulkan gangguan tidur

Menimbulkan gangguan tidur

Segelas kopi biasanya Anda sajikan untuk mengatasi rasa kantuk.

Memang benar, kandungan kafein dalam kopi bisa membantu Anda mengatasi rasa kantuk dan membantu menstimulasi bagian otak yang sistem fokus.

Masalahnya, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi kafein, bukannya dapat mengatasi kantuk, Anda justru akan mengalami gangguan tidur.

Jika Anda sudah mulai mengalami gangguan tidur, cobalah untuk berhenti minum kopi di sore hari seperti setelah pukul 14.00.

Anda harus tau dan bisa membatasi kadar kafein yang masuk ke dalam tubuh Anda sehingga tidak mengganggu dan mengurangi kualitas tidur Anda.

Baca juga : Inilah 4 Cara Menerapkan Pola Makan Sehat Yang Mudah Anda Ikuti

3. Menyebabkan masalah pencernaan

Menyebabkan masalah pencernaan

Bahaya minum kopi setiap hari juga bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan, terutama bagi Anda yang memiliki pencernaan yang sensitif atau riwayat gangguan pencernaan.

Kadar kafein yang masuk ke dalam pencernaan setiap hari bisa membuat otot katup kerongkongan bagian bawah menjadi lemah. Jika itu terjadi maka asam lambung akan naik ke arah kerongkongan dan bisa menyebabkan refluks asam lambung atau GERD.

Jadi, Anda perlu berhati hati jika mulai merasa mengalami masalah pencernaan akibat terlalu sering minum kopi.

4. Membuat gigi kuning dan rentan berlubang

Membuat gigi kuning dan rentan berlubang

Selain menyebabkan masalah pencernaan, bahaya minum kopi setiap hari juga bisa menyebabkan gigi kuning dan sangat rentan berlubang.

Hal ini disebabkan karena kopi memiliki kadar keasaman yang tinggi dan juga mengandung senyawa yang bisa meninggalkan noda di permukaan gigi Anda.

Disamping itu, kopi juga biasanya disajikan dengan gula, susu, krim, atau coklat. Bahan-bahan tersebut ternyata bisa meningkatkan pembentukan kerusakan pada permukaan gigi sehingga gigi Anda rentan berlubang.

Baca juga : Eksfoliasi Wajah : Definisi, Manfaat, dan Jenis Eksfoliasi Untuk Kulit Wajah

5. Menimbulkan rasa cemas

Menimbulkan rasa cemas

Banyak penikmat kopi mungkin tidak sadar akan hal ini. Bahwa minum kopi setiap hari bisa menimbulkan rasa cemas dan panik secara terus menerus.

Dikutip dari Harvard T.H Chan, sebuah studi menunjukkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan kecemasan pada orang dengan gangguan panik atau kecemasan.

Salah satu manfaat yang ingin orang dapatkan dari minum kopi adalah untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi ketika melakukan sesuatu. Tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan sebaliknya. Kopi justru bisa mengakibatkan Anda mengalami rasa cemas dan juga gelisah.

6. Meningkatkan tekanan darah

Meningkatkan tekanan darah

Kandungan kafein pada kopi yang Anda konsumsi setiap hari bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Karena kandungan kafein pada kopi bisa memblokir hormon-hormon yang menyebabkan pembuluh darah melebar.

Ketika itu terjadi, maka pembuluh darah Anda akan menyempit sehingga tekanan darah akan meningkat. Namun, biasanya peningkatan darah itu terjadi hanya sementara dan tidak menghasilkan efek negatif dalam jangka panjang.

7. Memicu pengeroposan tulang

Memicu pengeroposan tulang

Hasil riset memang menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Namun, jika dikonsumsi berlebihan, ternyata justru bisa mengganggu proses penyerapan dan metabolisme kalsium. Hal itulah yang beresiko menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Itulah berbagai bahaya minum kopi setiap hari yang perlu Anda ketahui. Agar tidak mengalami berbagai masalah di atas, Anda perlu membatasi jumlah konsumsi kopi setiap harinya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat.
Berbagai informasi lain seputar kesehatan juga bisa Anda dapatkan di instagram klinik silvi medika.

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.