Klinik & Apotek Silvi Medika

Apa itu Ceramide dalam Skincare? Ini 4 Manfaatnya!

Apa itu Ceramide dalam Skincare
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Kulit yang sehat dipengaruhi oleh tingkat kelembapan. Lembap tidaknya kulit bergantung pada banyak faktor, termasuk ketersediaan ceramide di dalam sel kulit.

Ceramide merupakan bahan alami yang diproduksi sendiri oleh sel kulit untuk menjaga kelembapan kulit. Saking pentingnya, ceramide kini banyak ditambahkan dalam produk skincare. Lalu apa saja manfaat ceramide bagi kesehatan kulit? Berikut adalah penjelasan selengkapnya!

Apa itu Ceramide

Ceramide adalah komponen asam lemak yang secara natural diproduksi oleh kulit manusia, tepatnya pada lapisan kulit di sekitar stratum korneum. Ceramide dapat membentuk 30% – 40% lapisan kulit terluar (epidermis).

Ceramide sangatlah penting karena dapat menjaga kelembapan kulit dengan cara mengikat, menyeimbangkan, dan menahan air supaya tetap berada di kulit. Namun produksi ceramide juga bisa berkurang karena berbagai faktor. Misalnya faktor penuaan, paparan sinar matahari dan radiasi UV, kondisi lingkungan yang ekstrim, stres, dan masih banyak lagi.

Produksi ceramide yang menurun dapat Anda lihat dengan mengamati kondisi kulit. Jumlah ceramide yang sedikit ditandai dengan kulit kering, sensitif, dan rentan mengalami masalah. Jika tanda-tanda itu sudah muncul, ada baiknya Anda segera menambah suplai ceramide dengan menggunakan skincare dengan kandungan ceramide.

Saat ini sudah banyak skincare ceramide yang mudah ditemukan di pasaran. Biasanya, skincare yang mengandung ceramide berbentuk produk pelembap, sabun muka, toner, dan serum.

Fungsi Ceramide untuk Wajah

Ceramide memiliki fungsi utama sebagai pelembap alami yang mampu melindungi kulit agar tetap lembap. Karena jika lembap, kulit akan terhindar dari berbagai masalah, seperti jerawat, penuaan dini, dan lain-lain.

Selain itu, ceramide sebagai komponen pada stratum korneum juga dapat memengaruhi pembentukan sel, termasuk proliferasi, diferensiasi, penangkapan siklus sel, dan apoptosis. Tanpa ceramide, kulit bagian epidermis akan kehilangan kemampuannya untuk mengikat air yang mengakibatkan terjadinya peningkatan pengeluaran air transepidermal. Itu sebabnya kulit yang memiliki sedikit kandungan ceramide akan menjadi kering dan sensitif.

Manfaat Ceramide untuk Wajah

Sebagai pelembap alami, ceramide mampu memberikan banyak manfaat bagi kulit, di antaranya adalah:

1. Mengunci Kelembapan Kulit

Kulit dapat secara alami menjaga kelemabapannya sendiri dengan terus memproduksi ceramide. Namun seiring bertambahnya usia, jumlah ceramide akan berkurang sehingga kulit yang semula sehat dan lembap akan menjadi kendur dan kering.

Untuk mencegah kulit kehilangan banyak kelembapan, diperlukan pengaplikasian ceramide dari luar untuk membantu kulit mengunci kelembapan. Dengan menggunakan ceramide, kulit yang semula kehilangan banyak air bisa kembali terhidrasi dan akhirnya tampilan kulit pun menjadi lembut dan sehat.

2. Memperkuat Skin Barrier

Kelembapan memiliki peran besar untuk memperkuat skin barrier. Sebab jika skin barrier sehat, kulit akan terhindar dari penuaan dini.

Salah satu cara menjaga kelembapan kulit tersebut adalah dengan menggunakan produk skincare yang mengandung ceramide. Sebuah studi yang dilakukan pada 24 orang pada tahun 2019 mengungkapkan penggunaan produk pelembap yang mengandung ceramide dapat meningkatkan hidrasi kulit sekaligus mencegah kulit kehilangan air transepidermal.

Selanjutnya, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa setelah menggunakan produk ceramide selama 28 hari, kulit responden menjadi lebih halus dan tekstur keriput mulai menghilang. Sebab, selain menghidrasi, ceramide juga dapat memperkuat skin barrier dan menyeimbangkan pH kulit.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat

ceramide dapat mencegah wajah berjerawat.
Ceramide dapat mencegah wajah berjerawat. Gambar oleh freepik di Freepik.

Banyak bahan pelembap yang memiliki khasiat untuk mencegah timbulnya jerawat, termasuk ceramide. Hal ini masih menyambung dengan poin sebelumnya di mana ceramide dapat memperkuat skin barrier.

Skin barrier yang kuat bisa mencegah kulit mengalami dehidrasi sehingga kulit terhindar dari masalah eksim dan jerawat. Dengan kandungan pelembap di dalamnya, ceramide dapat membantu menutrisi dan memperkuat skin barrier tanpa menyebabkan munculnya jerawat baru.

4. Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Radikal Bebas

Produksi radikal bebas dalam tubuh bisa berasal dari paparan sinar UV, polusi lingkungan, dan stres. Salah satu efek jika tubuh terpapar radikal bebas adalah penurunan kualitas kulit.

Anda dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dengan menggunakan ceramide. Ceramide mampu melindungi kulit dari radikal bebas karena ada sifat antioksidan di dalamnya. Dengan sifat antioksidan ini, ceramide mampu menangkap radikal bebas dan membantu menjaga integritas lapisan pelindung supaya sel kulit terhindar dari kerusakan akibat stres oksidatif.

Efek Samping Ceramide

Sejauh ini tidak ada efek samping dari penggunaan produk dengan ceramide terhadap kulit. Penggunaan produk yang mengandung ceramide aman digunakan segala usia dan semua jenis kulit, termasuk penderita jerawat dan eksim.

Kandungan yang Tidak Boleh Dicampur dengan Ceramide

Seperti bahan pelembap lainnya, ceramide relatif aman digunakan bersamaan dengan bahan aktif lain. Mulai dari AHA/BHA, vitamin C, hingga benzoyl peroxide.

Menggabungkan ceramide dengan kandungan dalam skincare lain justru dibutuhkan karena ceramide akan membantu menenangkan kulit dari efek samping yang mungkin terjadi. Sebagai contoh, skincare eksfoliasi yang mengandung asam cenderung membuat kulit menjadi kering. Untuk itu diperlukan pelembap seperti ceramide yang mampu menenangkan kulit dengan cara menghidrasinya kembali.

FAQ

Apa fungsi ceramide?

Ceramide memiliki fungsi utama sebagai pelembap alami yang mampu melindungi kulit agar tetap lembap dan terhindar dari berbagai macam masalah kulit.

Apa manfaat ceramide untuk wajah?

Ceramide bermanfaat untuk mengunci kelembapan kulit, memperkuat skin barrier, mencegah timbulnya jerawat, dan menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Ceramide cocok untuk kulit apa?

Ceramide cocok digunakan untuk semua jenis kulit, karena ceramide sendiri memang diproduksi secara alami oleh kulit. Namun efek pemakaian ceramide akan semakin terasa kala digunakan oleh mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif.

Apakah ceramide cocok untuk kulit berminyak?

Ceramide cocok juga digunakan kulit berminyak, karena terkadang produksi minyak berlebih justru mengganggu keseimbangan kelembapan kulit.

Apakah ceramide aman untuk ibu hamil?

Sebagai molekul alami, ceramide juga aman digunakan untuk menjaga kelembapan kulit ibu hamil. Namun sebelum menggunakannya, sebaiknya berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Apa perbedaan ceramide dan niacinamide?

Meskipun namanya terdengar mirip, ceramide dan niacinamide adalah 2 bahan aktif yang jauh berbeda. Ceramide merupakan komponen asam lemak yang tugas utamanya menjaga kelembapan kulit. Lain halnya dengan niacinamide yang termasuk turunan vitamin B3 dan berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih serta menyamarkan hiperpigmentasi.

Kesimpulan

Ceramide adalah komponen asam lemak yang secara natural diproduksi oleh kulit manusia. Fungsi utama ceramide yaitu untuk menjaga kelembapan supaya kulit terhindar dari berbagai macam masalah. Ceramide bermanfaat  untuk mengunci kelembapan kulit, memperkuat skin barrier, mencegah timbulnya jerawat, dan menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Produk skincare dengan ceramide aman digunakan segala usia dan jenis kulit. Ceramide juga aman jika dikombinasikan oleh berbagai bahan aktif lainnya karena sifatnya sebagai pelembap tidak akan menimbulkan reaksi alergi atau iritasi apapun.

Artikel Terkait