Home / Berita

Detail Berita

Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman dan Mudah Dilakukan di Rumah

cara eksfoliasi wajah

Cara melakukan eksfoliasi wajah sebenarnya tidak sulit, Anda pun bisa melakukannya dirumah tanpa harus pergi ke klinik perawatan kecantikan dan mengeluarkan biaya yang mahal.

Melakukan eksfoliasi memang terbukti bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah Anda lebih bersih dan cerah.

Seperti dikutip dari dermacollective, berapapun usia atau jenis kulit Anda, eksfoliasi secara teratur penting untuk memastikan kulit Anda segar dan bebas dari kotoran yang menyumbat pori.

Dengan catatan, Anda melakukannya dengan cara yang benar. Salah-salah, bukannya mendapatkan berbagai manfaat dari eksfoliasi, kulit Anda justru bisa mengalami iritasi dan masalah kulit lainnya.

Maka dari itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara eksfoliasi yang benar, aman, dan mudah dilakukan di rumah. Simak artikelnya sampai akhir untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

1. Pilih jenis eksfoliasi yang sesuai dengan kondisi kulit

jenis eksfoliasi yang sesuai dengan kondisi kulit

Sebelum Anda melakukan eksfoliasi, terlebih dahulu Anda perlu memilih jenis eksfoliasi yang tepat. Pemilihan jenis eksfoliasi dipertimbangkan berdasarkan jenis kulit yang Anda miliki.

Banyak orang umumnya menggunakan jenis eksfoliasi fisik yang menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Jenis ini bisa Anda pilih jika memiliki kulit normal berminyak ataupun berjerawat.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda lebih disarankan untuk menggunakan jenis eksfoliasi kimia yang biasanya menggunakan eksfoliator yang berbentuk cair. Pemilihan jenis eksfoliasi yang tepat diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih maksimal.

2. Gunakan produk yang aman

gunakan produk yang aman

Tahap berikutnya adalah memilih produk eksfoliasi yang aman untuk kulit wajah Anda. Ini masih ada kaitannya dengan tahap yang sebelumnya.

Seperti yang Anda tahu, saat ini sudah banyak sekali merk kecantikan yang menjual produk untuk eksfoliasi wajah. Namun, sebelum menggunakannya, Anda perlu melihat bahan-bahan yang terkandung di dalamnya.

Contohnya, kandungan bahan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dan Beta Hydroxy Acids (BHA) atau pakai Glycolic Acids, Salicylic Acids cocok buat Anda yang memiliki kulit sensitif. Karena perlu diingat bahwa tidak semua bahan cocok untuk semua jenis kulit.

Baca juga : Eksfoliasi Wajah : Definisi, Manfaat, dan Jenis Eksfoliasi Untuk Kulit Wajah

3. Bersihkan muka terlebih dahulu

bersihkan muka terlebih dahulu

Cara melakukan eksfoliasi selanjutnya yaitu membersihkan wajah dari make up ataupun kotoran yang menempel. Anda bisa melakukan urutan membersihkan wajah agar lebih bersih. Jika menggunakan make up, Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu menggunakan make up remover. Setelah itu, barulah Anda lanjutkan dengan mencuci muka agar lebih bersih.

4. Aplikasikan produk eksfoliasi

Aplikasikan produk eksfoliasi

Setelah mencuci wajah dengan bersih, cara eksfoliasi selanjutnya yaitu mengaplikasikan produk eksfoliasi yang sudah Anda pilih.

Jika Anda melakukan eksfoliasi fisik menggunakan scrub atau sejenisnya, usapkan produk eksfoliasi tersebut ke area wajah Anda secara merata. Kemudian usap-usap atau gosok secara hati hati dengan gerakan memutar selama kurang lebih 30 detik.

Penggunaan eksfoliator sebenarnya juga bisa berbeda beda, ada yang langsung digosokkan seperti di atas. Namun ada juga yang dioleskan seperti maske, kemudian baru digosok setelah eksfoliatornya kering. Jadi, Anda juga perlu membaca cara penggunaan produk eksfoliasi yang Anda pakai agar tidak salah.

Terakhir, jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih untuk menghilangkan bekas eksfoliator dan juga kotoran yang terangkat.

5. Gunakan pelembab setelah selesai

Gunakan pelembab setelah selesai

Setelah melakukan eksfoliasi, kulit Anda akan terasa sedikit kering. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan pelembab untuk mengatasinya.

Selain agar tidak terasa kering, penggunaan pelembab juga juga berguna untuk mencegah atau mengurangi terjadinya iritasi dan juga jerawat.

Anda juga perlu memperhatikan jenis pelembab yang cocok untuk kulit Anda. Pilihlah pelembab yang tidak menyumbat pori (non comedogenic) dan memiliki kandungan SPF minimal 30 SPF untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Baca juga : Urutan Membersihkan Wajah Agar Hasilnya Bersih Maksimal

6. Lakukan eksfoliasi wajah secara teratur

Cara eksfoliasi wajah yang penting harus Anda perhatikan juga yaitu intensitas melakukan eksfoliasi. Meskipun bagus bagi kulit Anda, namun anda tidak boleh melakukannya setiap hari.

Idealnya, eksfoliasi bisa Anda lakukan tidak lebih dari dua kali dalam seminggu atau minimal Anda melakukannya satu kali dalam seminggu. Buat Anda yang memiliki kulit berminyak atau berjerawat, melakukan eksfoliasi dua kali seminggu masih diperbolehkan.

Itulah tahapan cara melakukan eksfoliasi yang aman dan bisa Anda lakukan di rumah, lakukan secara teratur sesuai dengan jadwal eksfoliasi yang sudah Anda tentukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda. Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi seputar kesehatan dan kecantikan dengan follow instagram klinik silvi medika.

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.