Home / Berita

Detail Berita

Cara Menambah Berat Badan Dalam Hitungan Hari, Mudah dan Aman!

Tidak percaya diri dengan badan yang kurus dan ingin menaikkan berat badan? beberapa cara menaikkan badan berikut ini mungkin bisa Anda coba.

Bagi sebagian orang, badan yang terlalu kurus memang bisa menjadi sebuah masalah. Entah itu masalah kesehatan atau yang tidak kalah pentingnya adalah masalah kepercayaan diri.

Akibat merasa terlalu kurus, seseorang jadi malu untuk bertemu dengan orang lain, merasa tidak cocok mengenakan berbagai jenis baju dan lain sebagainya. yang jelas hal itu akan sangat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Disamping itu, dilansir dari Healthline, orang dengan badan terlalu kurus memiliki risiko penurunan kepadatan tulang yang lebih parah dibandingkan orang dengan berat badan normal. Kurangnya kepadatan tulang tersebut bisa bisa membuat Anda rentan mengalami osteoporosis.

Lalu bagaimana cara menambah berat badan untuk mencapai berat badan yang ideal? simak artikel ini sampai akhir.

Manfaat punya berat badan ideal

cara menambah berat badan 2

Sebelum membahas tentang cara menambah berat badan yang aman, terlebih dahulu kami akan menunjukkan berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan ketika memiliki berat badan yang ideal.

Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan ketika bisa mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal. Berikut beberapa diantaranya seperti dilansir dari copare health.

  • Mengurangi risiko penyakit kronis
  • Memiliki kualitas tidur yang lebih baik
  • Sirkulasi darah menjadi lebih sehat
  • Tidak mudah terserang penyakit
  • Tubuh lebih bugar dan aktif
  • Meningkatkan tingkat percaya diri
  • Meningkatkan kesehatan emosional

Untuk mengetahui apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum, Anda bisa menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) Anda.

Bca juga: Tips Sehat Fisik dan Sehat Mental, Cara Hidup Sehat di Masa Pandemi

Penyebab berat badan kurang / terlalu kurus

cara menambah berat badan 3

Memiliki berat badan yang kurang ideal bisa dialami seseorang sejak lahir atau bisa juga baru dialami ketika dewasa. Hal tersebut tentunya terjadi karena berbagai macam penyebab.

Agar proses menaikkan berat badan yang Anda lakukan bisa berjalan lebih cepat dan aman, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui penyebab tersebut.

Karena dalam beberapa kasus, ada orang yang sudah berusaha mengkonsumsi berbagai macam makanan penambah untuk menambah berat badan namun tetap saja berat badannya masih susah naik.

Kurangnya berat badan bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti gangguan makan, penyakit seliaka, masalah tiroid, kanker, diabetes, infeksi HIV/AIDS, dan juga berbagai penyebab lainnya.

Cara menambah berat badan yang secara alami

cara menambah berat badan 4

Menambah berat badan sangat erat kaitannya dengan makanan yang Anda konsumsi setiap hari, bisa dalam hal jumlah ataupun kandungan makanan tersebut.

Anda bisa melihat peningkatan berat badan dalam hitungan hari jika program peningkatan berat badan yang Anda lakukan memang tepat dan sesuai. Berikut ini adalah beberapa cara menambah berat badan yang bisa Anda lakukan.

1. Mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan adalah menciptakan surplus kalori, artinya Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh.

Jika Anda ingin menambah berat badan secara perlahan dan pasti, targetkan 300-500 kalori lebih banyak daripada yang Anda bakar setiap hari menurut kalkulator kalori. Jika Anda ingin menambah berat badan dengan cepat, targetkan sekitar 700-1.000 kalori di atas tingkat pemeliharaan Anda.

Asupan kalori tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan seperti daging merah, nasi, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

2. Memenuhi kebutuhan karbohidrat dan lemak

Orang yang ingin menurunkan berat badan berusaha untuk membatasi konsumsi karbohidrat dan lemah. Sebaliknya, buat Anda yang ingin menaikkan berat badan secara signifikan, Anda perlu memenuhi bahkan kebutuhan karbohidrat dan lemak yang tubuh Anda butuhkan.

Makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak baik bisa Anda jadikan sebagai prioritas ketika menjalankan program menaikkan berat badan.

Maka dari itu, Anda perlu setidaknya makan tiga kali sehari dengan kandungan karbohidrat yang cukup untuk tubuh Anda.

Baca juga: Inilah 4 Cara Menerapkan Pola Makan Sehat Yang Mudah Anda Ikuti

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk pertumbuhan tulang dan otot. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein baik untuk menambah berat badan.

Beberapa makanan berprotein tinggi antara lain daging, ikan, telur, banyak produk susu, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan lain-lain.

4. Makan lebih sering dengan porsi kecil

Selain jenis dan kandungan makanan yang Anda konsumsi, tips lain untuk cara menaikkan berat badan antara lain dengan mengatur intensitas dan porsi makanan.

Orang yang kurus biasanya cenderung lebih cepat kenyang. Jadi, Anda lebih disarankan makan dengan porsi kecil namun lebih sering, dibandingkan dengan langsung makan dengan porsi yang banyak.

5. Rutin berolahraga

Mengkonsumsi banyak protein memang bagus untuk membentuk masa otot Anda. Namun, hal itu juga harus didukung dengan olahraga dan latihan yang rutin.

Dengan rutin berolahraga, tubuh Anda akan membentuk lebih banyak jaringan otot dan memangkas lemak, sehingga Anda bisa mencapai berat badan yang ideal. Untuk jenis olahraganya seperti beranang, angkat beban, bersepeda dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara menaikkan berat badan yang bisa Anda lakukan dirumah. Penting untuk tetap memperhatikan porsi makanan dan kualitas makanan agar tidak membuat Anda justru kelebihan berat badan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda. Kami juga memberikan berbagai informasi seputar dunia kesehatan di instagram klinik silvi medika.

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.