Home / Berita

Detail Berita

Eksfoliasi Wajah : Definisi, Manfaat, dan Jenis Eksfoliasi Untuk Kulit Wajah

eksfoliasi wajah

Buat Anda yang menyadari pentingnya menjaga dan merawat kulit wajah, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya eksfoliasi wajah.

Melakukan eksfoliasi wajah memang bisa memberikan banyak manfaat. Seperti dikutip dari American Academy Of Dermatology Association, eksfoliasi wajah dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah mengoptimalkan penyerapan produk perawatan wajah.

Agar Anda lebih memahami tentang apa itu eksfoliasi, pada artikel ini kami akan menjelaskan definisi eksfoliasi, berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan, serta jenis jenis eksfoliasi wajah. Baca artikel ini sampai akhir.

Apa itu Eksfoliasi Wajah?

apa itu eksfoliasi wajah

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit menggunakan bahan kimia yang aman untuk kulit, zat granula, atau alat eksfoliasi.

Secara alami kulit manusia melakukan regenerasi setiap 30 hari sekali atau lebih, lamanya regenerasi tersebut dipengaruhi oleh berbagai hal seperti usia dan lain sebagainya.

Selama proses terjadinya regenerasi kulit, terkadang sel-sel kulit mati tidak terlepas sepenuhnya. Jika dibiarkan, sel kulit mati yang masih menempel ini dapat menyebabkan pori pori kulit Anda tersumbat, kulit kering dan bersisik. Disinilah pentingnya melakukan eksfoliasi.

Hal ini juga berlaku pada kulit wajah. Jadi, untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa menyumbat pori pori kulit wajah, Anda sangat perlu untuk melakukan eksfoliasi wajah secara teratur.

Baca juga : Urutan Membersihkan Wajah Agar Hasilnya Bersih Maksimal

Manfaat Melakukan Eksfoliasi Wajah

manfaat eksfoliasi wajah

Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya, melakukan eksfoliasi wajah secara teratur bisa memberikan berbagai manfaat yang penting untuk kebersihan dan kesehatan kulit.

Anda yang sebelumnya ragu untuk melakukan eksfoliasi wajah, dengan mengetahui berbagai manfaatnya bisa membuat Anda untuk mencoba melakukannya.

1. Mengurangi Kerutan

Kerutan bisa muncul seiring dengan bertambahnya usia dan cara Anda merawat kulit. Beberapa bagian yang sering kali muncul kerutan contohnya seperti di bawah mata, dahi, dan juga pipi.

Salah satu cara untuk mengurangi kerutan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan eksfoliasi wajah. Dengan melakukan eksfoliasi wajah, sel kulit mati yang menyebabkan kerutan akan terangkat dan pertumbuhan sel sel kulit baru akan lebih cepat terangsang.

2. Membersihkan Pori-Pori Kulit

Eksfoliasi wajah juga membantu Anda membersihkan pori pori kulit. Karena setelah Anda beraktivitas, debu dan kotoran pasti menempel di wajah Anda.

Pori-pori yang tersumbat oleh kotoran tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, blackheads, dan whiteheads, hingga pori-pori terlihat besar.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat juga bisa timbul karena Anda tidak pernah melakukan eksfoliasi. Dikutip dari Healthline, Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit anda tersumbat oleh minyak, kulit mati, dan juga bakteri.

Bahkan tidak hanya jerawat, tiga hal tersebut juga umumnya menyebabkan berbagai masalah kulit lainnya.

Tahapan eksfoliasi akan membantu Anda untuk membersihkan berbagai penyebab tersebut sehingga mencegah timbulnya jerawat. Namun, Anda juga perlu melakukan tahap perawatan lain seperti melakukan double cleansing.

4. Mencerahkan Kulit Wajah

Paparan sinar matahari berlebih akibat aktivitas di luar ruangan biasanya membuat sebagian area kulit Anda menjadi lebih kusam. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa secara teratur melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi membantu mencerahkan kulit wajah Anda karena membuat sel kulit mati pada lapisan kulit teratas menjadi terkikis.

5. Mengoptimalkan Penyerapan Skincare

Sel kulit mati yang menumpuk dapat membuat penyerapan skincare yang Anda gunakan tiap hari kurang optimal, bila tidak segera dibersihkan, kulit Anda jadi terhambat mendapatkan nutrisi dan terlihat kusam.

Setelah selesai melakukan eksfoliasi dan kulit mati telah tersapu bersih, pori-pori wajah akan terbebas dari penyumbatan. Sehingga, produk perawatan yang Anda oleskan di wajah dapat bekerja lebih efektif dan maksimal.

Baca juga : Benarkah Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur Bikin Kulit Kita Cerah?

Jenis Eksfoliasi Wajah

jenis eksfoliasi wajah

Terdapat dua jenis eksfoliasi yang sering digunakan, masing masing dibedakan pada cara bahan yang digunakan atau disebut sebagai eksfoliator. Simak lebih lanjut dua jenis eksfoliasi wajah berikut ini.

  • Eksfoliasi Fisik (Physical Exfoliator)

Eksfoliasi fisik merupakan jenis eksfoliasi yang umum digunakan. Biasanya menggunakan face scrub dengan butiran scrub yang digunakan dengan digosok di kulit wajah. Scrub inilah yang fungsinya untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

Bentuk dan cara penggunaannya pun saat ini semakin beragam, ada yang dioles dahulu di wajah seperti layaknya menggunakan masker wajah, kemudian setelah kering barulah digosok untuk membersihkan masker tersebut sekaligus mengangkat sel – sel kulit mati.

Saat ini sudah banyak produk eksfoliasi wajah dengan tekstur scrub yang beragam, mulai dari yang halus sampai yang agak kasar. Pemilihan itu harus Anda sesuaikan dengan kondisi kulit wajah Anda.

Pemilihan produk eksfoliasi yang tepat juga akan menghindarkan kulit Anda dari terjadinya iritasi.

  • Eksfoliasi Kimia (Chemical exfoliator)

Jenis eksfoliasi wajah yang kedua yaitu eksfoliasi kimia. Karena bahan yang digunakan mengandung bahan kimia yang tentunya aman bagi kulit.

Jenis Chemical exfoliator mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA), Beta Hydroxy Acids (BHA), atau PHA.

Fungsi dari eksfoliasi kimia sama saja dengan jenis eksfoliasi fisik. Kandungan bahan tersebut akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit dan mencegah penumpukan sel kulit mati.

Perbedaannya terdapat pada bahan, cara penggunaan, dan juga hasilnya.

Bahan eksfoliasi kimia berbentuk cair yang digunakan dengan cara dioleskan di wajah sehingga bisa meresap ke dalam kulit. Ini berbeda dengan eksfoliasi fisik yang hanya menjangkau permukaan kulit saja.

Efek dari eksfoliasi kimia juga membutuhkan waktu beberapa minggu supaya terlihat hasilnya, sedangkan eksfoliasi fisik bisa dilihat hasilnya setelah Anda membersihkannya. Jenis eksfoliasi kimia sendiri lebih cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Nah, itulah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan jika teratur melakukan eksfoliasi wajah. Namun, alangkah lebih baiknya, Anda juga perlu mengetahui kondisi kulit Anda terlebih dahulu sehingga tidak salah dalam melakukan eksfoliasi.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan agar lebih aman.

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.