Home / Berita

Detail Berita

Manfaat Niacinamide Ampuh Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya

niacinamide

Kandungan bahan niacinamide menjadi salah satu yang paling banyak dicari ketika memilih produk skincare.

Seperti yang Anda tahu, menggunakan produk skincare tidak bisa sembarangan. Anda harus menyesuaikannya dengan jenis kulit dan masalah kulit yang ingin Anda atasi. Hal itu agar produk perawatan wajah yang Anda gunakan bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Jika Anda tidak memperhatikan hal tersebut, bukannya mengatasi masalah kulit, skincare yang Anda gunakan justru bisa menambah masalah kulit baru seperti jerawat atau iritasi.

Salah satu kandungan bahan dalam skincare yang banyak dicari saat ini yaitu niacinamide. Bahan ini dipercaya mampu mengatasi jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya.

Seperti dikutip dari healthline, Ketika digunakan secara rutin setiap hari, niacinamide memiliki dampak positif pada kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli produk yang mengandung niacinamide, Anda perlu mengetahui apa itu niacinamide dan apa saja manfaatnya bagi kulit Anda. Yuk simak artikel ini sampai akhir.

Apa itu niacinamide?

Apa itu niacinamide

Niacinamide atau Nicotinamide adalah bentuk Vitamin B3 yang terdapat dalam kandungan skincare dan dipercaya bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Bahan aktif ini biasanya terdapat di berbagai produk perawatan wajah seperti serum, toner, pembersih, pelembab, serta masker wajah.

Selain dari produk perawatan wajah, Niacinamide juga terdapat pada berbagai jenis makanan seperti telur, kacang-kacangan, ikan, susu, dan juga sayuran hijau.

Rutin menggunakan niacinamide sebagai perawatan kulit dari luar dan dalam dapat membantu kulit Anda lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

Baca juga : Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman dan Mudah Dilakukan di Rumah

Apa saja manfaat niacinamide?

Apa saja manfaat niacinamide

1. Mengatasi jerawat

Berbagai sumber dan hasil penelitian menyebutkan bahwa niacinamide bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Mulai dari bruntusan hingga jerawat parah yang mengalami peradangan seperti papula dan pustula.

Anda bisa melihat hasilnya jika rutin menggunakan skincare yang mengandung niacinamide secara rutin. Seiring berjalannya waktu, jerawat Anda akan membaik dan tekstur kulit akan jauh lebih baik.

2. Menyamarkan noda hitam

Noda hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti bekas jerawat ataupun bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

Kandungan niacinamide pada berbagai produk perawatan wajah dianggap mampu memblokir enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi pigmentasi atau melanin, serta mampu mencerahkan dan menghilangkan noda hitam di kulit.

3. Mengurangi garis halus dan kerutan

Penelitian juga menemukan bahwa kandungan niacinamide dengan konsentrasi tertentu sangat membantu mengurangi beberapa tanda kerusakan kulit, seperti halnya garis halus dan kerutan.

Baca juga : Urutan Membersihkan Wajah Agar Hasilnya Bersih Maksimal

4.Melembabkan kulit

Manfaat niacinamide berikutnya yaitu mampu menjaga agar kulit tetap lembab.

Kulit menjadi salah satu organ penting dari tubuh Anda yang melindungi tubuh dari tekanan dan perubahan suhu. Maka dari itu Anda perlu menjaga kelembaban kulit Anda.

Karena jika kelembaban kulit hilang, fungsi kulit tidak dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, kulit yang kering juga menjadi tidak sehat, kusam dan bersisik, dan juga menjadi lebih sensitif.

5. Melindungi kerusakan kulit akibat sinar matahari

Paparan sinar matahari berlebih bisa menyebabkan kulit anda mengalami masalah bahkan kerusakan jika dibiarkan tanpa perawatan.

Oleh karena itu Anda bisa menggunakan skincare yang mengandung niacinamide. Karena niacinamide secara bersamaan dapat membangun kembali sel-sel kulit yang sehat sekaligus melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Tips memilih produk yang mengandung niacinamide

Tips memilih produk yang mengandung niacinamide

Setelah mengetahui apa itu niacinamide dan manfaatnya, berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah jumlah kandungan niacinamide yang disarankan untuk Anda.

Kandungan niacinamide bisa berbeda beda pada setiap produk. Namun, rata rata formulasinya adalah 5% atau dibawah 5%.

Anda disarankan untuk memilih kandungan niacinamide sebesar 5% untuk menyamarkan noda hitam dan mengobati kerusakan yang diakibatkan paparan sinar matahari. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif disarankan untuk memulai dengan kandungan yang lebih rendah yaitu 2%.

Itulah berbagai informasi yang perlu Anda ketahui tentang niacinamide. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

Berbagai informasi menarik lainnya seputar kesehatan juga bisa Anda dapatkan di instagram klinik silvi medika.

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.