Klinik & Apotek Silvi Medika

Apakah Micellar Water Penting? Ini 5 Manfaat Utamanya

Manfaat Micellar Water untuk Kulit Wajah
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Para dermatologis sangat menganjurkan orang-orang untuk melakukan double cleansing. Double cleansing sendiri artinya adalah membersihkan wajah sebanyak dua kali. Jadi sebelum Anda mencuci muka menggunakan face wash, masih ada satu tahapan yaitu membersihkan wajah dengan cleanser seperti micellar water.

Walaupun terlihat seperti air biasa, micellar water mengandung pelembab, surfaktan ringan, dan vitamin yang bisa membersihkan wajah hingga ke pori-pori sekaligus menutrisi kulit. Selain itu, micellar water masih memiliki manfaat lain yang sangat baik untuk wajah Anda. Ada apa saja ya?

Apa itu Micellar Water?

Seperti namanya, micellar water berasal dari kata micelles atau molekul kecil merupakan komponen utama dari produk ini. Micelles bertugas sebagai magnet yang bisa membersihkan kotoran membandel seperti makeup waterproof atau debu tak kasat mata.

Jadi bisa dibilang bahwa  micellar water adalah cleanser berbahan dasar air dan micells yang ampuh untuk menghilangkan segala kotoran dari wajah sebelum dimaksimalkan lagi menggunakan sabun muka.

Selain micelles, banyak produk micellar water yang menambahkan zat kimia aktif lain yang menambah nilai lebih pada micellar water. Zat tersebut antara lain ceramide, vitamin E, dan gliserin. Setiap zat tersebut memiliki manfaatnya sendiri bagi kesehatan kulit.

Fungsi Micellar Water

Apakah selama ini Anda hanya membersihkan debu atau riasan hanya dengan air dan sabun muka biasa? Kalau iya, segera hentikan kebiasaan itu, ya. Ada baiknya Anda menggunakan micellar water terlebih dahulu.

Micellar water adalah skincare pertama yang perlu digunakan pertama sebelum sabun muka. Hal ini tidak lepas dari kandungan micelles yang berfungsi untuk membersihkan debu atau makeup lebih baik dari air atau sabun muka biasa.

membersihkan eyeliner dengan micellar water.
Membersihkan eyeliner dengan micellar water. Gambar oleh freepik di Freepik.

Manfaat Micellar Water

Sebelumnya kami sudah mengatakan berulang kali bahwa micellar water bisa membersihkan debu dan makeup. Namun apakah hanya itu manfaat micellar water?

Tentu saja tidak! Masih ada banyak manfaat micellar water yang perlu Anda ketahui.

1. Membersihkan Wajah dengan Lembut

Tekstur micellar water sebenarnya sama dengan air biasa. Jadi kandungan micellar water justru sangat ringan dan mudah diserap kapas serta tidak meninggalkan kesan mengganjal di wajah.

Selain itu, air micelles yang terkandung pada micellar water mampu menghilangkan kotoran dengan sekali usapan. Anda pun tidak perlu menggosoknya berulang kali seperti pembersih tradisional biasa lainnya.

2. Melembabkan Wajah

Kelembaban kulit dapat tercipta jika kulit bagian luar atau skin barrier-nya terjaga. Skin barrier sendiri tersusun dari berbagai lemak, seperti kolesterol, asam lemak, dan ceramide.

Tidak seperti lemak lainnya, ceramide bisa Anda dapatkan melalui penggunaan skincare. Salah satu skincare yang mengandung ceramide adalah micellar water.

Sehingga anggapan bahwa micellar water membuat kulit kering adalah salah. Pasalnya micellar water yang mengandung ceramide justru dapat mengunci kelembaban sehingga membuat kulit jadi lembut dan halus.

3. Menghidrasi Kulit

Selain melembabkan, micellar water juga bisa menghidrasi kulit. Manfaat ini tidak lepas dari peran gliserin yang memang dapat menarik air untuk bisa diserap ke dalam kulit.

Bahan aktif lain yang dapat menghidrasi kulit lainnya adalah panthenol dan glikol. Ketiga zat tersebut terkenal ampuh dalam mencegah kulit dari dehidrasi yang ditandai dengan kering dan pecah-pecah.

4. Mencegah Iritasi Kulit

Pemilik kulit iritasi tidak bisa sembarangan dalam memilih cleanser. Tidak teliti dalam memilih bahan skincare saja akan membuat kulit berjerawat, kemerahan, eksim, dan rosacea kambuh kembali.

Tapi tenang saja, mayoritas micellar water tidak dibuat dari bahan-bahan seperti alkohol, parfum, paraben, dan pewarna. Jadi membersihkan kulit akan terasa lebih aman tanpa perlu takut terjadi iritasi.

5. Mencegah Timbulnya Jerawat

Banyak faktor yang membuat jerawat bisa muncul, salah satunya adalah tidak rutin melakukan double cleansing. Seorang dokter kulit di laman Dermstore mengungkapkan bahwa hanya membersihkan muka dengan sabun muka saja tidak cukup.

Ia menjelaskan bahwa double cleansing diperlukan karena penggunaan cleanser berbahan dasar minyak atau air seperti micellar water sebelum cuci muka dapat membantu menghilangkan residu yang menyumbat pori-pori. Seperti yang kamu ketahui, jika pori-pori tersumbat maka komedo akan tumbuh subur serta jerawat akan muncul.

Cara Pakai Micellar Water

menuangkan micellar water ke kapas.
Menuangkan micellar water ke kapas. Gambar oleh KamranAydinov di Freepik.

Micellar water dikenal sebagai cleanser wajah yang cukup populer. Cara menggunakannya untuk menghapus kotoran baik debu, riasan, dan minyak pun sangat mudah.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan kapas wajah yang lembut. Lalu tuang 2-3 tetes micellar water ke atasnya, lalu usap ke wajah secara perlahan. Untuk makeup waterproof, kapas yang sudah dibasahi micellar water ditekan di area makeup selama beberapa detik, kemudian seka hingga makeup terangkat sempurna.

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water, Anda dapat membilasnya menggunakan air dan sabun muka. Rangkaian skincare pun bisa langsung digunakan setelah wajah sudah dipastikan bersih.

FAQ Terkait Micellar Water

Kapan pakai micellar water?

Micellar water dapat digunakan setiap hari setelah Anda selesai beraktivitas. Bahkan para dermatologis menyarankan agar micellar water tetap digunakan meski Anda tidak menggunakan makeup.
Hal ini dikarenakan wajah tetap terpapar debu dan mengeluarkan sebum atau minyak. Jika tidak dibersihkan, maka ditakutkan timbul jerawat atau masalah lainnya.

Apa kegunaan micellar water?

Micellar water digunakan sebagai cleanser pada tahap pertama double cleansing. Tujuan penggunaan micellar water adalah membersihkan debu, minyak, riasan, dan kotoran di wajah yang tidak bisa dibersihkan secara maksimal oleh air atau sabun muka biasa.

Apakah micellar water bisa dijadikan toner?

Kami sarankan agar Anda tidak menggunakan micellar water sebagai toner. Sebab, micellar water dan toner memiliki fungsi yang berbeda.

Pakai micellar water dulu atau cuci muka dulu?

Penggunaan skincare di awali dengan mengaplikasikan micellar water untuk membersihkan segala kotoran yang menempel di wajah. Baru setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air untuk cuci muka.

Setelah pakai micellar water pakai apa?

Setelah menggunakan micellar water dan memastikan wajah sudah bersih dari kotoran, lanjutkan dengan sabun muka, serum, toner, dan skincare lainnya.

Micellar water dipakai setelah apa?

Micellar water dipakai pertama kali sebelum skincare lainnya, jadi Anda tidak perlu menyiapkan skincare lain sebelum micellar water.

Baca juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Mana yang Terbaik?

Penutup

Double cleansing menggunakan micellar water sangat diperlukan untuk memastikan semua residu, baik itu debu, minyak, dan riasan penyebab jerawat bisa terangkat maksimal. Nah selanjutnya sabun muka akan membersihkan sisanya.

Selain dapat membersihkan kotoran karena ada micelles di dalamnya, micellar water yang ada saat ini juga sudah dilengkapi dengan sejumlah zat seperti ceramide dan gliserin yang menambah nilai plus bagi micellar water itu sendiri. Jadi, jangan lupa menggunakan micellar water setelah beraktivitas seharian supaya wajah Anda bersih dan sehat, ya!

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat. Anda juga dapat menemukan berbagai informasi menarik lainnya seputar kesehatan di Instagram Klinik Silvi Medika.

Artikel Terkait