Home / Berita

Detail Berita

Jangan Asal! Ini Urutan Skincare Malam Yang Benar

urutan skincare malam

Buat para wanita, mengetahui urutan skincare malam merupakan hal yang sangat penting.

Menggunakan skincare di malam hari merupakan salah satu aktivitas yang tidak boleh ditinggalkan. Terutama buat Anda yang ingin memiliki kulit yang sehat dan terawat.

Pada malam hari, kulit Anda akan mengalami proses regenerasi atau peremajaan kulit. Dengan bantuan skincare yang Anda gunakan, maka hasilnya pun akan lebih maksimal.

Seperti dikutip dari australian skin clinics, Anda sangat disarankan untuk menggunakan skincare malam secara rutin jika ingin bangun di pagi hari dengan kulit yang lebih kencang, cerah, dan bercahaya.

Masalahnya, masih banyak yang belum tahu bahwa menggunakan skincare malam itu ada urutannya. Sebagai contoh, masih ada yang keliru menggunakan serum dulu atau toner dulu. Maka dari itu, pada artikel ini kami akan menunjukkan urutan skincare malam yang bisa Anda lakukan agar kulit Anda lebih sehat dan terawat.

1. Gunakan Make Up Remover

Gunakan Make Up Remover

Tahap pertama dalam urutan skincare malam yaitu membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan make up menggunakan make up remover.

Tahap ini bertujuan agar semua minyak dan kotoran yang menempel di wajah Anda bisa tersapu bersih, sehingga skincare yang Anda gunakan bisa terserap dengan baik ke dalam kulit.

Anda bisa menggunakan micellar water, cleansing oil sesuai pilihan atau yang cocok dengan kondisi kulit Anda. Buat Anda yang memiliki kondisi kulit berminyak, lebih disarankan untuk menggunakan make up remover dengan bahan dasar air mungkin lebih baik dipilih agar kulit tidak menjadi semakin berminyak.

2. Bersihkan Wajah dengan Facial Wash

Setelah semua make up dan debu yang menempel sudah dibersihkan. Tahap selanjutnya dalam urutan skincare malam yaitu membersihkan wajah menggunakan facial wash.

Meskipun Anda sudah membersihkannya dengan micellar water, pasti masih ada sisa-sisa debu dan kotoran yang menempel di wajah Anda.

Disinilah pentingnya mencuci wajah menggunakan facial wash. Yaitu memastikan bahwa tidak ada lagi kotoran, minyak, dan sisa kosmetik yang tertinggal di wajah Anda.

Basuh wajah Anda dengan air dingin, kemudian gunakan produk facial wash yang cocok untuk kulit Anda, jangan lupa untuk mengusap secara perlahan dan memutar. Setelah itu bilas kembali dengan air dingin. Agar hasilnya lebih bersih maksimal, Anda bisa mengikuti urutan membersihkan wajah.

Baca juga : Manfaat Niacinamide Ampuh Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya

3. Lakukan Eksfoliasi atau Scrub Wajah

Lakukan Eksfoliasi atau Scrub Wajah

Menggunakan make up remover dan facial wash saja tidak cukup. Terkadang, Anda juga perlu melakukan eksfoliasi.

Make up remover dan facial wash hanya membersihkan kotoran yang menempel dari luar. Sedangkan eksfoliasi tugasnya adalah membantu mengangkat sisa sisa sel kulit mati yang tidak bisa terangkat secara alami.

Namun, tahap eksfoliasi ini tidak boleh Anda lakukan setiap hari, cukup 1-2 kali seminggu. Gunakan jenis eksfoliasi dan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Supaya lebih aman, Anda perlu mempelajari cara melakukan eksfoliasi wajah yang aman dan mudah dilakukan di rumah

4. Aplikasikan Toner

Urutan skincare malam sebelum menggunakan serum yaitu terlebih dahulu menggunakan toner.

Toner punya banyak manfaat ketika digunakan secara rutin. Beberapa diantaranya seperti menyeimbangkan pH, detoksifikasi, menyusutkan dan mengecilkan pori, serta melembabkan dan menutrisi kulit.

Aplikasikan toner setelah membersihkan wajah, karena biasanya wajah akan terasa kering setelah melalui beberapa proses pembersihan.

Anda perlu mengenali jenis kulit supaya bisa memilih produk toner yang tepat. Untuk cara penggunaannya sendiri, cukup tuangkan toner ke kapas kemudian oleskan dengan lembut ke area wajah dan juga leher.

5. Pakai Serum Wajah

Pakai Serum Wajah

Setelah menggunakan toner, barulah Anda lanjutkan dengan menggunakan serum wajah.

Saat ini tersedia banyak sekali produk serum dari berbagai merk yang tersedia di pasaran, kandungan bahannya pun berbeda beda.

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, perhatikan kandungan bahan serum wajah yang ingin Anda gunakan. Dilansir dari healthline, berikut adalah beberapa bahan yang untuk setiap masalah kulit :

  • Kulit berjerawat: BHA (salicylic acid), AHA (lactic acid, glycolic acid, mandelic acid)
  • Hiperpigmentasi: Vitamin C, niacinamide, ekstrak licorice, alpha arbutin
  • Anti-penuaan: retinol, peptida

Untuk penggunaannya, cukup teteskan serum ke wajah atau ke telapak tangan. Kemudian oleskan secara lembut ke seluruh wajah agar merata.

Baca juga : Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman dan Mudah Dilakukan di Rumah

6. Pakai Eye Cream

Urutan skincare malam selanjutnya yaitu menggunakan eye cream.

Banyak yang belum tahu bahwa kulit di sekitar area mata perlu perawatan khusus. Maka dari itu Anda sangat disarankan untuk menggunakan krim mata. Beberapa masalah kulit di sekitar area mata misalnya lingkaran hitam, garis halus dan lain sebagainya.

Cukup ambil krim mata seujung jari kemudian oleskan di area bawah mata dan juga kelopak mata. Oleskan secara perlahan sampai merata.

7. Gunakan Krim Malam

Gunakan krim Malam

Rangkaian penggunaan skincare malam yang terakhir adalah menggunakan krim malam.

Krim malam bermanfaat untuk menghilangkan noda hitam, memperbaiki skin tone, dan juga menyamarkan warna kulit yang tidak merata.

Sedangkan untuk jenis krim malam yang bisa Anda gunakan, ada yang berbentuk gel dan juga krim yang lebih kental.

Jika Anda berjenis kulit kering, disarankan menggunakan pelembab krim. Untuk pemilik kulit kombinasi maupun berminyak, sebaiknya pilih yang berbentuk gel. Kondisi kulit normal umumnya cocok menggunakan jenis apa pun.

Itulah urutan skincare malam yang tepat. Hal penting yang juga perlu Anda perhatikan adalah pemilihan produk skincare yang tepat dan cocok dengan kondisi kulit Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda. Berbagai informasi menarik lainnya seputar kesehatan juga bisa Anda dapatkan di instagram klinik silvi medika.

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.