Home / Berita

Detail Berita

7 Manfaat Minum Kopi Bagi Wanita yang Belum Banyak Diketahui

manfaat minum kopi bagi wanita

Tidak hanya bagi pria, kopi ternyata punya banyak manfaat bagi wanita, mulai dari memperbaiki kulit hingga mencegah berbagai penyakit.

Buat Anda yang belum tahu, Kopi memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti riboflavin (Vitamin B2), niasin (vitamin B3), magnesium, kalium, dan berbagai senyawa fenolik, atau antioksidan.

Berbagai penelitian juga sudah membuktikan bahwa minum kopi dengan jumlah yang normal bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Tidak heran jika kopi sekarang ini seperti sudah menjadi gaya hidup termasuk bagi para wanita. Anda bisa dengan mudah menemui sekelompok wanita yang sedang menikmati kopi sambil berbincang di coffee shop.

Nah, buat Anda yang mungkin mulai suka menikmati kopi, Pada artikel ini kami akan menunjukkan 7 manfaat minum kopi bagi wanita yang mungkin belum banyak diketahui.

1. Meningkatkan Mood

meningkatkan mood

Bagi Anda seorang wanita, memiliki mood yang baik pasti sangat membantu untuk menyelesaikan berbagai aktivitas dan pekerjaan sehari hari. Begitupun sebaliknya, ketika mood sedang jelek, maka akan sangat mengganggu dan malas untuk melakukan sesuatu.

Ketika mood Anda sedang tidak baik, secangkir kopi bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Kandungan kafein dalam kopi mampu menstimulasi tubuh Anda untuk memompa energi secara instan dan juga membuat mood Anda menjadi lebih baik.

Baca juga : Tips Sehat Fisik dan Sehat Mental, Cara Hidup Sehat di Masa Pandemi

2. Mencegah Kematian Dini

Minum kopi setiap hari bisa menjadi langkah pencegahan yang dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit mematikan.

Beberapa penyakit mematikan tersebut misalnya kanker, terutama kanker payudara, kolateral, endometrium, dan hati. Keempat jenis kanker tersebut memiliki insiden tertinggi pada wanita.

Hasil dari sebuah studi menunjukkan bahwa kopi mengurangi kejadian kanker payudara dan kolorektal sebesar 50% dan kanker hati sebesar 40%.

Selain itu, beberapa penyakit kulit seperti melanoma dan karsinoma sel basal dapat dicegah dengan kopi, di antara kanker penting lainnya. Secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi melanoma hingga 20%.

3. Meremajakan dan Memperbaiki Kulit

Manfaat minum kopi bagi wanita selanjutnya yaitu membantu meremajakan dan memperbaiki kulit. Minum kopi secara teratur baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Selain dengan cara diminum, Anda juga bisa menggunakan bubuk kopi sebagai exfoliator alami. proses eksfoliasi menggunakan bubuk kopi bisa Anda lakukan dengan cara menambahkan minyak zaitun kemudian oleskan dan pijat dengan lembut di kulit Anda. Setelah itu cuci bersih untuk melihat hasilnya.

Selain itu, kopi juga dapat melindungi dari infeksi bakteri dan jamur. Ini baik untuk menghilangkan lingkaran hitam, komedo, komedo putih dan juga untuk mencegah jerawat.

4. Mencegah Sakit Kepala

Terdapat penelitian yang menemukan bahwa minum kopi dapat meredakan sakit kepala karena kandungan kafein di dalamnya, terutama jenis sakit migrain dan tipe tegang (sakit kepala tipe tegang).

Sakit kepala yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh pembuluh darah di otak Anda melebar. Ini kemudian memberikan tekanan pada ujung saraf yang akhirnya membuat Anda mengalami sakit kepala.

Kandungan kafein dalam kopi dapat menyebabkan pembuluh ini menyempit dan menghilangkan rasa sakit. Pada akhirnya, tekanan pada ujung saraf berkurang, dan bisa meredakan sakit kepala yang Anda alami.

Baca juga : Pikir – Pikir Lagi! Ini Dia 7 Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

5. Baik untuk Kesehatan Mental

Baik untuk Kesehatan Mental

Kesehatan mental Anda adalah tanggung jawab Anda. Terkadang, tekanan pekerjaan, tekanan teman sebaya, masalah keluarga, dan hal-hal lain dapat membebani kesehatan mental Anda. Anda bisa merasa lebih stres daripada biasanya.

Faktanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang minum kopi merasa lebih tenang dalam situasi ini. Mereka sering melupakan rasa stresnya setelah menghabiskan secangkir kopi.

Secangkir kopi juga bisa membuat Anda tetap berenergi dan meningkatkan kemampuan Anda untuk menoleransi lebih banyak hal. Anda dapat menghadapi yang terburuk tanpa merasa stres seperti biasanya.

6. Menjaga Memori

Semakin bertambahnya usia, kemampuan seseorang untuk mengingat akan semakin menurun. Namun, berbagai penelitian telah dilakukan untuk mencari tahu cara untuk menjaga memori seseorang dalam mengingat.

Salah satu yang ditemukan yaitu dengan cara mengkonsumsi kopi. Dalam sebuah uji klinis yang dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa orang yang minum kopi dapat mengingat sesuatu lebih lama dari pada mereka yang tidak minum kopi.

Mereka yang minum kopi mencapai peningkatan umur panjang dari ingatan jangka pendek dan juga jangka panjang.

7. Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Manfaat minum kopi yang terakhir bisa membantu Anda dalam proses menjaga atau menurunkan berat badan. Bagaimana bisa?

Kopi dapat membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh Anda sehingga kadar gula darah Anda tetap terjaga dan kelebihan gula tidak menumpuk di tubuh Anda.

Tidak hanya itu, kafein juga dapat meningkatkan metabolisme Anda. Seperti yang dibuktikan di sebuah penelitian bahwa kafein meningkatkan metabolisme hingga 50%.

Secara alami, para ahli sering menyarankan agar Anda minum secangkir kopi hitam sekitar 30 menit sebelum Anda pergi ke gym. Akibatnya, itu akan meningkatkan reaksi metabolisme Anda, dan tubuh Anda akan cenderung membakar lebih banyak lemak.

Itulah berbagai manfaat minum kopi bagi wanita yang perlu Anda ketahui. Namun, kami juga perlu mengingatkan bahwa mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Jadi, tetap pertimbangkan jumlah kopi yang Anda minum agar Anda tetap bisa mendapatkan manfaatnya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda. Berbagai informasi menarik lainnya seputar kesehatan juga bisa anda dapatkan di instagram klinik silvi medika.

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.