Klinik & Apotek Silvi Medika

Apa itu Glutathione dalam Skincare? Ini 4 Manfaatnya!

Apa itu Glutathione dalam Skincare?
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Glutathione adalah jenis antioksidan yang bisa diproduksi secara alami oleh tubuh. Glutathione juga bisa didapatkan dengan menggunakan produk skincare dan mengonsumsi makanan atau suplemen tertentu.

Sebagai antioksidan, glutathione memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh, khususnya kulit. Beberapa manfaat glutathione untuk kulit di antaranya adalah melawan radikal bebas, mengobati jerawat, hingga antipenuaan.

Meskipun memiliki banyak manfaat, faktanya penggunaan skincare berbahan glutathione juga bisa menyebabkan efek samping jika digunakan oleh golongan tertentu. Supaya terhindar dari efek samping tersebut, mari baca informasi lengkap seputar glutathione melalui artikel ini!

Apa itu Glutathione?

Glutathione adalah satu jenis antioksidan yang diproduksi secara alami oleh organ hati manusia. Senyawa ini terdiri dari 3 asam amino, yaitu cysteine, glycine, dan glutamic acid.

Produksi glutathione dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi suplemen secara oral atau suntik. Suplemen yang bisa meningkatkan glutathione adalah kurkumin, N-asetilsistein, selenium, silymarin, vitamin C, dan vitamin E. Produksi glutathione juga bisa ditingkatkan dengan konsumsikacang almond, brokoli, alpukat, bayam, bawang putih, dan asparagus.

Selain itu, Anda bisa meningkatkan produksi glutathione dengan menggunakan skincare. Sebab, dengan skincare berbahan glutathione, kulit Anda bisa tampak lebih cerah, terhindar dari penuaan dini, terhindari dari radikal bebas, dan masih banyak lagi.

Fungsi Glutathione untuk Wajah

Glutathione terdiri dari 3 enzim asam amino, yaitu cysteine, glycine, dan glutamic acid. Asam amino pada glutathione memiliki sifat antioksidan yang menjadikannya mampu menghalau radikal bebas.

Karena sifat antioksidan itulah dalam dunia kecantikan, glutathione memiliki fungsi utama untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh polusi, sinar UV, stres, dan sumber radikal bebas lainnya. Sebab tanpa aktivitas antioksidan, radikal bebas yang menembus kulit bisa menyebabkan wajah mengalami penuaan, berjerawat, dan lain-lain.

Manfaat Glutathione untuk Kulit

Aktivitas antioksidan pada glutathione menjadikannya memiliki beberapa manfaat untuk memperbaiki kondisi kulit. Berikut ini adalah manfaat glutathione untuk kulit Anda.

1. Mencerahkan Kulit

Glutathione diyakini dapat membantu mengurangi produksi melanin dalam kulit. Seperti yang diketahui, melanin merupakan pigmen yang warna alami bagi kulit, rambut, dan mata. Semakin banyak jumlah melanin di kulit, semakin gelap pula kulit Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan Nagapan, dkk pada 2019, glutathione memiliki sifat antimelanogenik yang dapat mengurangi pengendapan pigmen melanin pada lapisan terdalam. Dalam penelitian selama 14 hari ini, hasil menunjukkan bahwa pemberian glutathione secara oral mampu menghambat produksi melanin dan aktivitas tirosinase secara signifikan.

2. Antipenuaan

Besarnya komposisi radikal bebas yang masuk ke tubuh membuat keseimbangan antioksidan terancam. Apabila hal ini terjadi, maka akan timbul reaksi stres oksidatif di dalam tubuh. Stres oksidatif dapat melemahkan skin barrier yang menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan seperti flek hitam, keriput dan kulit kendur. 

Untuk membatasi aktivitas radikal bebas, Anda dapat meningkatkan kadar glutathione dengan menggunakan skincare, suplemen, atau mengonsumsi makanan yang mengandung glutathione. Dengan begitu kulit akan menjadi lebih kencang, elastis, kenyal, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan tadi.

3. Menghilangkan Hiperpigmentasi

Glutathione memiliki sifat antimelanogenik yang bisa menghambat produksi melanin. Karena sifat anti melanogenic ini, glutathione dinilai sangat efektif dalam mengatasi perubahan kulit dan hiperpigmentasi atau warna kulit tidak merata akibat bekas luka, bekas jerawat, dan efek sunburn.

4. Menyembuhkan Jerawat

Glutathione memiliki 2 sifat penting yang bagus untuk menyembuhkan jerawat, yaitu antioksidan dan antiinflamasi. Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif pada kulit, termasuk munculnya jerawat.

Sementara itu, antiinflamasi dapat mengurangi reaksi peradangan dan membantu mengurangi munculnya bercak hiperpigmentasi baru. Kombinasi kedua bahan ini bagus untuk menyembuhkan jerawat serta merawat tekstur kulit yang biasanya rusak setelah terjadi peradangan.

Glutathione dapat menyembuhkan jerawat.
Glutathione dapat menyembuhkan jerawat. Gambar dari Freepik.

Efek Samping Glutathione

Glutathione yang ada pada skincare jarang menimbulkan efek samping. Namun pada kasus tertentu, misalnya penggunaan pada kulit sensitif, glutathione dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, iritasi, bengkak, gatal, dan ruam alergi.

Oleh karena itu, pemilik kulit sensitif perlu melakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui secara pasti apakah glutathione berbahaya atau tidak bagi kulitnya.

Belum ada penelitian mengenai dampak penggunaan glutathione bagi ibu hamil dan menyusui. Namun konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kulit sebelum Anda menggunakan produk skincare apapun yang menyertakan glutathione dalam komposisi penyusunnya.

Bahaya Glutathione untuk Kulit

Health Finder menjelaskan, penggunaan glutathione secara oral dan topikal adalah yang paling aman sehingga jarang menimbulkan efek samping. Namun, glutathione dengan dosis tinggi yang dimasukkan dalam tubuh melalui proses suntik dapat berisiko menyebabkan munculnya bercak hipopigmentasi, melanoma, penurunan kadar glutathione yang diproduksi hati, dan perubahan warna rambut.

Interaksi Glutathione dengan Bahan Skincare Lainnya

Glutathione tidak menimbulkan reaksi negatif apabila dikombinasikan dengan bahan aktif lain. Bahkan glutathione baik digabungkan dengan senyawa antioksidan lain, seperti vitamin C.

Menggabungkan glutathione dengan vitamin C dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan banyak masalah kulit dan kesehatan lainnya. Gabungan 2 antioksidan ini dapat menetralkan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

FAQ

Glutathione terbuat dari apa?

Secara alami, glutathione terbentuk dari 3 jenis asam amino yang dihasilkan organ hati yaitu cysteine, glycine, dan glutamic acid

Apakah glutathione aman?

Glutathione relatif aman digunakan secara oral dan topikal. Akan tetapi pemilik kulit sensitif perlu melakukan patch test terlebih dahulu, supaya tidak timbul efek samping yang membahayakan kulit setelah menggunakan produk dengan kandungan glutathione.

Apa manfaat glutathione?

Glutathione memiliki beberapa manfaat bagi kulit. Di antaranya adalah mencerahkan kulit, menghindarkan dari penuaan, menghilangkan hiperpigmentasi, dan menyembuhkan jerawat.

Apa fungsi glutathione?

Sebagai antioksidan, glutathione memiliki fungsi utama untuk menghalau radikal bebas yang dapat meningkatkan stres oksidatif pada tubuh.

Kesimpulan

Glutathione adalah jenis antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh dan dapat diperoleh dari suplemen, makanan, serta skincare. Fungsi utama glutathione adalah melindungi sel-sel kulit dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Manfaat glutathione bagi kesehatan kulit di antaranya seperti mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, menghilangkan hiperpigmentasi, dan membantu dalam penyembuhan jerawat.

Penggunaan glutathione secara oral dan topikal relatif aman, meskipun bisa timbul efek samping pada kulit sensitif, seperti kemerahan, iritasi, dan ruam alergi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi kulit.

Sebelum menggunakan glutathione Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter khususnya ketika hendak menggunakan glutathione dengan cara suntik supaya terhindar dari bahaya glutathione.

Artikel Terkait