Klinik & Apotek Silvi Medika

Urutan Skincare Pagi untuk Remaja dan Orang Dewasa

Urutan Skincare Pagi untuk Remaja dan Dewasa
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Kulit wajah perlu dirawat supaya tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya. Perawatan kulit bisa dilakukan 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Di pagi hari, skincare dipakai untuk membantu mempersiapkan kulit sebelum beraktivitas. Sedangkan di mengaplikasikan skincare malam berguna untuk membersihkan kulit dari kotoran serta mengoptimalkan proses regenerasi kulit.

Oleh karena itu, jangan samakan pemilihan produk dan urutan skincare pagi dan skincare malam. Karena perawatan kulit untuk untuk pagi dan malam hari berbeda. Supaya tidak tertukar, akan kami bahas mengenai urutan skincare pagi untuk remaja dan dewasa secara lengkap.

Mari simak penjelasannya hingga akhir, ya!

Waktu yang Tepat untuk Memakai Skincare Pagi

Waktu terbaik untuk menggunakan skincare pagi adalah setelah Anda mandi pagi, sekitar jam 7 pagi hingga 10 pagi. Mengaplikasikan skincare pagi di waktu yang tepat dapat membantu bahan aktif pada skincare bekerja secara optimal. Hal ini dikarenakan kulit sudah bersih dan pori-pori sudah terbuka sehingga kandungan di dalam skincare bisa menyerap dengan mudah. 

Urutan Pemakaian Skincare Pagi

Rangkaian skincare pagi dibutuhkan supaya kulit terlihat tampak lebih segar. Selain itu, produk skincare pagi sudah dilengkapi dengan formulasi khusus yang dapat melindungi kulit dari sinar UV, polusi, asap, dan radikal bebas lainnya. Berikut ini adalah urutan pemakaian skincare pagi yang perlu Anda lakukan:

Urutan Basic Skincare Pagi

Tidak sulit melakukan rutinitas perawatan kulit di pagi hari. Karena Anda hanya membutuhkan produk skincare yang dapat membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

1. Sabun Wajah

Banyak yang beranggapan bahwa dengan tidur berarti kulit terbebas dari kotoran. Padahal, di malam hari kulit tetap memproduksi sebum serta terkena debu yang bisa membuat wajah menjadi kusam dan berjerawat.

Oleh karena itu, produk pertama yang diperlukan dalam urutan skincare pagi adalah sabun wajah. Produk skincare ini digunakan untuk membersihkan kotoran yang menumpuk semalaman saat tidur.

Pilihlah sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, baik itu berminyak, kering atau kombinasi. Aplikasikan sabun ke wajah dan beri pijatan ringan selama 60 detik. Bilas dengan air dingin supaya wajah tidak menjadi kering. 

2. Krim Pagi

Krim pagi merupakan produk skincare dengan kandungan pelembap yang lebih tinggi. Jadi krim pagi dapat menjaga kelembapan kulit seharian tanpa harus Anda aplikasikan berulang kali.

Oleskan krim pagi di wajah dan leher dengan gerakan sapuan ke atas, atau dari leher ke dahi. Gerakan ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengencangkan kulit supaya tidak keriput. 

3. Sunscreen

Sunscreen merupakan produk yang paling penting dalam rangkaian skincare pagi. Sebab, sunscreen memiliki kandungan oxybenzone yang efektif melindungi dari paparan sinar UV yang bisa memicu masalah kesehatan kulit.

dr. Arini Widodo, SpKK menjelaskan, orang Indonesia sebaiknya menggunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan dilengkapi dengan label PA+ hingga PA+++. Sunscreen dengan kualitas seperti itu dapat memproteksi kulit supaya tidak terkena efek samping dari sinar UVA seperti penuaan dan pigmentasi kulit.

Gunakan sunscreen di wajah dan leher Anda, 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa reapply sunscreen setiap 2-3 jam sekali.

Urutan basic skincare pagi:
Sabun wajah → krim pagi → sunscreen.

Urutan Skincare Pagi untuk Remaja

Perubahan hormon selama masa remaja dapat menyebabkan masalah kulit. Tak jarang para remaja mengeluhkan kulitnya menjadi kusam, berminyak, dan berjerawat sehingga menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya remaja perlu mulai untuk menggunakan rangkaian skincare pagi.

1. Toner

Menggunakan toner bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kulit Anda. Mulai dari mengangkat sisa kotoran yang tidak hilang sepenuhnya saat mencuci muka hingga mengembalikan pH kulit Anda ke level normal.

Pastikan toner yang dipilih sesuai dengan jenis kulit. Misalnya kulit Anda termasuk kering, pilihlah toner yang memiliki kandungan hyaluronic acid supaya kulit dapat terhidrasi dan menjadi lebih lembut.

2. Serum

Selain mengonsumsi makanan sehat, kulit juga bisa mendapatkan nutrisi dari bahan aktif skincare, khususnya serum. Di dalam serum terdapat kandungan vitamin C untuk mencerahkan wajah, retinol untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, dan masih banyak lagi.

Serum umumnya berbentuk cairan dengan tekstur kental namun tetap ringan. Cara menggunakannya pun mudah. Cukup tuangkan beberapa tetes serum ke telapak tangan lalu oleskan ke area wajah dan leher. Tepuk-tepuk hingga cairan serum menyerap dengan sempurna ke permukaan kulit.

3. Lip Balm

Asupan air minum yang tidak tercukupi, udara yang kering, dan stres bisa memicu bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat mengaplikasikan lip balm atau pelembap bibir.

Kelembapan ini berasal dari kandungan minyak nabati pada lip balm, seperti minyak zaitun, dan jojoba oil. Setelah mengaplikasikan lip balm, bibir pun akan lebih lembut dan terawat.

Urutan skincare pagi untuk remaja:
Sabun wajah → toner → serum → krim pagi → sunscreen → lip balm.

remaja sebaiknya menambahkan toner, serum dan lip balm dalam urutan skincare pagi mereka.
Remaja sebaiknya menambahkan toner, serum dan lip balm dalam urutan skincare pagi mereka. Gambar oleh freepik di Freepik.

Urutan Skincare Pagi untuk Orang Dewasa

Bertambahnya usia bisa menjadi salah satu faktor terjadinya penuaan kulit. Untuk menghambatnya, Anda memerlukan serangkaian skincare pagi untuk orang dewasa. Penggunaan skincare bisa meningkatkan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas.

1. Dark Spot Corrector

Regenerasi kulit yang mulai melambat membuat bekas luka sulit hilang dan bahkan muncul hiperpigmentasi. Untuk menyamarkannya Anda membutuhkan dark spot corrector yang digunakan dengan cara mengoleskannya ke bintik-bintik hitam yang ada di wajah.

Dark spot corrector terbuat dari asam hialuronat, niacinamide, dan vitamin E yang bisa merangsang tubuh memproduksi kolagen secara alami. Produksi kolagen dapat memudarkan bintik hitam, dan mengencangkan kulit.

2. Krim Mata

Kurang tidur bisa menyebabkan kulit di bawah mata mengendur dan menghitam. Situasi ini dapat diatasi dengan mengoleskan krim mata setiap pagi dan malam hari.

Krim mata mengandung pelembap dengan tekstur yang lebih ringan karena kulit di bawah mata cenderung tipis dan sensitif daripada kulit di area wajah lainnya. Menggunakan pelembap biasa justru bisa membuatnya iritasi.

3. Primer Makeup

Primer makeup adalah skincare sekaligus makeup yang bisa melembapkan kulit sehingga hasil makeup bisa menempel sempurna dan tahan lama. Produk ini tidak sekadar melembapkan, namun juga mampu mengontrol minyak dan menutup pori-pori.

Gunakan primer makeup seukuran ujung jari, kemudian usap ke seluruh bagian wajah. Tunggu beberapa saat hingga tampilan wajah menjadi matte, lalu aplikasikan makeup.

Urutan skincare pagi untuk orang dewasa:
Sabun wajah → toner → serum → dark spot corrector → krim mata → krim pagi → sunscreen → primer makeup.

Urutan Skincare Pagi untuk Kulit Berjerawat

Urutan skincare pagi untuk kulit berjerawat sama seperti kulit normal. Satu yang perlu diperhatikan adalah jenis skincare yang digunakan, di mana produk skincare tersebut memang diformulasikan untuk wajah bruntusan dan berjerawat.

Skincare untuk kulit berjerawat umumnya mengandung bahan-bahan aktif, seperti centella asiatica, retinol, asam salisilat (BHA), green tea, atau tea tree. Bahan-bahan ini kaya akan antioksidan serta antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat dan meredakan iritasi. Akhiri rangkaian skincare pagi dengan mengoleskan acne spot gel atau acne patch.

Urutan skincare malam untuk kulit berjerawat:
Sabun wajah → toner → serum → krim mata → krim pagi → sunscreen → acne gel atau acne patch.

FAQ Urutan Skincare Pagi

Kapan waktu skincare pagi?

Waktu terbaik untuk menggunakan skincare pagi adalah setelah Anda mandi pagi, sekitar jam 7 pagi hingga 10 pagi.

Apakah skincare pagi dan malam berbeda?

Terdapat sedikit perbedaan urutan dalam pengaplikasian skincare pagi dan malam hari. Rangkaian basic skincare di pagi hari adalah mencuci muka menggunakan sabun wajah dilanjutkan krim pagi dan sunscreen. Sedangkan urutan pertama skincare di malam hari pembersih wajah, kemudian basuh dengan sabun wajah dan oleskan krim malam.

Kesimpulan

Urutan pemakaian skincare berperan besar dalam mencegah timbulnya masalah kulit. Oleh karena itu, Anda perlu tahu mengenai urutan pemakaian skincare pagi yang benar agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Bagi remaja, urutan skincare pagi yang benar di awali dengan mencuci wajah dengan sabun wajah, kemudian dilanjutkan toner, serum, krim pagi, sunscreen, dan lipbalm.

Sedangkan urutan skincare pagi bagi orang dewasa adalah sabun wajah, toner, serum, dark spot corrector, krim mata, krim pagi, sunscreen, dan primer.

Bagi pemilik wajah berjerawat, urutan pemakaian skincare pagi sebenarnya sama dengan pemilik wajah lainnya. Akan tetapi, gunakan produk skincare yang memang khusus menangani masalah jerawat. Jangan lupa akhiri rangkaian skincare dengan mengoleskan acne gel atau acne patch di jerawat yang sedang meradang.

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat untuk Anda. Anda juga dapat menemukan informasi menarik seputar kesehatan di akun Instagram Klinik Silvi Medika.

Artikel Terkait