Klinik & Apotek Silvi Medika

Manfaat Tidur Siang untuk Anak, Remaja dan Orang Dewasa

manfaat tidur siang untuk anak, remaja hingga orang dewasa
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Aktivitas yang padat membuat kita sering melewatkan tidur siang. Terlebih bagi anak sekolah atau orang dewasa yang sudah bekerja.

Meski sepele, sebenarnya tidur siang memiliki segudang manfaat. Tidur siang dengan durasi singkat antara 30-90 menit atau biasa disebut power napping bisa meningkatkan daya ingat, meningkatkan performa kerja, memperbaiki suasana hati, dan meredakan stres.

Lalu, bagaimana penjelasan mengenai hubungan antara tidur siang dan kesehatan? Berikut ini adalah penjelasannya!

Pengaruh Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

Produktivitas kerja yang tinggi bisa dilakukan orang-orang yang memiliki kebugaran dan kesehatan yang baik. Salah satu cara meningkatkan kebugaran dan kesehatan adalah dengan tidur siang.

Tidur siang dapat meningkatkan fungsi kognitif yang mencakup memori, penalaran logis, dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas yang kompleks. Penelitian Faraut, dkk menjelaskan bahwa tidur siang mampu tubuh rileks dan akhirnya melepaskan stress serta meningkatkan imunitas sehingga kebugaran tubuh dapat terjaga.

Selain membuat tubuh lebih bugar, tidur siang juga bisa menjaga kesehatan tubuh. Salah satu penelitian mengaitkan hubungan antara tidur siang dengan rendahnya risiko penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular tersebut meliputi serangan jantung, stroke, dan gagal jantung. Penyakit ini bisa timbul jika seseorang sering begadang dan tidak punya waktu tidur yang cukup. Nah, tidur siang sendiri bisa melengkapi kebutuhan tidur orang-orang yang tidur malamnya di bawah enam jam dalam sehari.

Baca juga: Cara Melakukan CPR untuk Mengatasi Henti Jantung 

Waktu yang Baik untuk Tidur Siang

Para ahli merekomendasikan agar tidur siang dilakukan 8 jam sebelum waktu tidur malam, Itu artinya, jika Anda tidur jam 10 malam maka tidur siang dilakukan jam dua siang atau sebelum sore. Karena melakukan tidur siang di sore hari dapat menyebabkan gangguan tidur saat malam.

Bagi sebagian orang, tidur siang dilakukan setelah jam makan siang. Ini karena makan siang berperan dalam memberikan efek kantuk. Rasa mengantuk setelah makan siang terkait dengan ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah proses biologis tubuh yang mengikuti siklus 24 jam. Dalam siklus ini ada dua periode puncak yang menyebabkan seseorang mengantuk. Puncak terbesar terjadi pada malam hari dan yang kedua pada siang atau sore hari.

Berapa Lama Waktu Tidur Siang yang Baik?

Durasi tidur yang baik bagi orang dewasa, remaja, dan anak-anak adalah sekitar 20-30 menit, tidak boleh dari itu. Sebab, tidur lebih dari 30 menit justru bisa memperburuk rasa kantuk dan menyebabkan grogi.

Namun dalam jika semalam Anda kurang tidur, maka tidur siang selama satu setengah jam masih diperbolehkan.  Tidur siang dengan durasi agak lama ini akan sangat membantu para pekerja shift untuk menghindari kelelahan. 

Cara Cepat Tidur Siang Hari

Bagi pekerja kantoran atau anak sekolah, tidur siang hanya bisa dilakukan di sela-sela jam istirahat. Waktunya yang terbatas membuat Anda harus bisa sesegera mungkin tidur sebelum jam istirahat berakhir. Pada poin ini akan kami bahas mengenai dua tips yang bisa membantu Anda untuk tidur siang lebih cepat.

1. Metode Militer

Metode militer diperkenalkan pertama kali oleh Sharon Ackerman dalam bukunya yang berjudul “Relax and Win: Championship Performance”. Dalam buku itu Sharon membagikan cara tidur pilot di sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut Amerika Serikat yang bisa tertidur kurang dari dua menit.

Cara tidur cepat dengan metode militer:

  • Rilekskan seluruh otot wajah termasuk otot di dalam mulut.
  • Kendurkan bahu untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan berada di samping tubuh.
  • Buang napas, rilekskan dada, kaki, paha, dan betis.
  • Kosongkan pikiran selama 10 detik. Jika Anda terus mengalami distraksi, coba ucapkan “jangan berpikir” berulang kali selama 10 detik. Dalam 10 detik, Anda harus tertidur.

2. Teknik Pernapasan 4-7-8

Cara tidur cepat selanjutnya adalah dengan teknik pernapasan 4-7-8 yang mengombinasikan antara meditasi dan visualisasi. Sebelum melakukannya, letakkan ujung lidah pada langit-langit rongga mulut di belakang kedua gigi depan Anda. Jaga posisi lidah Anda tersebut lalu lakukan langkah-langkah berikut ini.

Cara tidur cepat dengan teknik pernapasan 4-7-8:

  • Buang napas dengan kuat melalui mulut.
  • Tutup bibir dan tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 detik.
  • Tahan napas selama 7 detik.
  • Hembuskan napas selama 8 detik melalui mulut yang sedikit mengkerut. Keluarkan napas dengan kuat hingga terdengar suara mendesis “whoosh”.
  • Ulangi sebanyak 4 kali.

Baca juga: Cara Mengatasi Kurang Tidur untuk Mendapatkan Fokus yang Lebih Baik

Manfaat Tidur Siang

Sebelumnya kita telah membahas manfaat tidur siang secara umum bagi kesehatan. Nah ternyata tidur siang juga masih memiliki banyak manfaat lainnya, lho. Ada apa saja?

1. Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Di masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan tidur siang untuk beristirahat dan memulihkan tenaga setelah seharian bermain. Plus, tidur siang dibutuhkan karena jika terlalu lelah anak-anak tidak bisa konsentrasi belajar.   

Satu studi yang membahas tentang anak-anak sekolah dasar menemukan bahwa anak yang tidur siang setiap hari terbukti memiliki prestasi akademik serta suasana hati yang baik. Ahli saraf Penn Adrian Raine menjelaskan, siswa kelas enam yang tidur siang minimal tiga kali dalam seminggu mengalami peningkatan prestasi akademik sebesar 7,6 persen.

tidur siang baik untuk kesehatan anak
Tidur siang baik untuk kesehatan anak. Gambar oleh cottonbro studio di Pexels.

2. Manfaat Tidur Siang bagi Remaja

Remaja sebenarnya membutuhkan lebih banyak tidur daripada orang dewasa, yaitu 8-10 jam per hari. Tetapi pubertas telah membuat siklus sirkadian remaja jadi terganggu. Remaja mudah terjaga di malam hari dan mendorong mereka untuk tidur lebih larut.

Di sinilah remaja membutuhkan tidur siang karena di masa peralihan ini mereka butuh energi lebih untuk memperbaiki suasana hari, ingatan, dan kognisi yang seringkali tidak stabil karena sering begadang.

3. Manfaat Tidur Siang bagi Orang Dewasa 

Bagi orang dewasa, tidur siang rasanya sulit dilakukan di tengah padatnya kegiatan. Belum lagi jika lembur sehingga jam tidur jadi berkurang. Hal ini bisa berdampak buruk pada konsentrasi, pengambilan keputusan, ingatan, dan meningkatnya stress. Kondisi stress pada orang dewasa ini jadi cikal bakal masalah kardiovaskular atau penyakit jantung dan pembuluh darah.

Belum lagi masalah imunitas tubuh yang berkurang membuat Anda jadi muda terserang penyakit-penyakit musiman seperti flu, batuk, dan demam.

Oleh karena itu, orang dewasa disarankan untuk tidur 7 sampai 9 jam per hari. Apabila tidur malamnya kurang, Anda bisa menyempatkan diri untuk tidur siang sebentar agar terhindar dari penyakit dan stress.

Sedangkan bagi ibu hamil, tidur siang tidak hanya bermanfaat bagi dirinya saja. Ibu hamil yang tidur siang berpeluang melahirkan bayi yang sehat karena ia jarang sakit dan stress.

4. Manfaat Tidur Siang untuk Diet

Selain mengurangi kalori, apalagi yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan? Jawabannya adalah dengan tidur siang!

Sebuah studi yang dilakukan Harvard Medical School menjelaskan bahwa bukan hanya makanan yang berpengaruh terhadap diet tapi juga pola istirahat. Penelitian ini membuktikan bahwa tidur siang bisa membakar 10 persen kalori lebih banyak. 

Secara ilmiah, kurang tidur dapat memengaruhi hormon lapar dalam tubuh yang disebut ghrelin. Hormon ini dapat membuat Anda ingin terus makan secara berlebihan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan tubuh dianjurkan untuk tidak tidur larut malam dan mencoba untuk tidur sejenak di siang hari agar tidak kekurangan waktu istirahat.

5. Manfaat Tidur Siang untuk Kecantikan

Tidur siang diyakini dapat jadi jurus ampuh untuk mempercantik kulit. Penelitian dari University Hospitals Case Medical Center yang diterbitkan di Science Daily menemukan bahwa tidur bisa menghilangkan garis-garis halus, mengurangi tanda penuaan, dan memulihkan kulit yang terpapar radiasi UV.

Ini terjadi karena kulit memperbaiki jaringannya sendiri saat kita tidur lelap. Tubuh akan memproduksi kolagen yang berfungsi mencegah kulit kita kendur jadi lebih banyak.

Selama tidur, tubuh juga akan meningkatkan aliran darah ke kulit. Itu sebabnya orang yang kurang tidur kulitnya akan tampak lebih kusam.

Bahaya Tidur Siang

Tidur siang memang memiliki berbagai manfaat, namun orang dewasa dan orang tua sering mengeluhkan bahwa mereka selalu terbangun di tengah malam karena tidur siang terlalu lama. Lebih dari itu, tidur siang yang terlalu lama bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Sebuah studi di China menemukan bahwa tidur siang lebih dari 90 menit dikaitkan dengan tekanan darah tinggi pada wanita paruh baya. Penelitian lain menemukan bahwa tidur siang lebih dari 60 menit dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit metabolik, khususnya penyakit diabetes tipe 2.

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti bagaimana hubungan antara tidur siang dengan masalah kesehatan. Akan tetapi, tidur siang yang terlalu lama memang bisa membuat sulit tidur di malam hari. Jika sudah terlalu sering begadang, bukan tidak mungkin ada penyakit-penyakit berbahaya yang mengintai tubuh Anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

FAQ Terkait Tidur Siang

Apa manfaat tidur siang?

Tidur siang bermanfaat bagi kebugaran. Tubuh yang bugar membuat produktivitas kerja meningkat. Sedangkan manfaatnya bagi kesehatan ada banyak sekali. Mulai dari mengurangi stress, meningkatkan daya ingat, sampai menghindarkan dari penyakit kardiovaskular.

Mengapa anak dianjurkan tidur siang?

Anak-anak dianjurkan tidur siang untuk memulihkan energi setelah beraktivitas. Tidur siang juga membuat Anda lebih konsentrasi dalam belajar.

Berapa lama tidur siang yang baik?

Tidur siang atau power napping sebenarnya tidak boleh dilakukan dalam durasi panjang. Para ahli menganjurkan tidur siang dilakukan selama 20-30 menit saja. Namun dalam kasus tertentu, misalnya Anda kurang tidur di malam hari, maka durasi tidur siang maksimal adalah 90 menit.

Bolehkah ibu hamil tidur siang?

Ibu hamil justru dianjurkan untuk tidur siang. Tidur dapat melepas stress dan terhindar dari penyakit. Ibu hamil yang sehat kelak akan melahirkan anak yang sehat pula.

Apakah tidur siang bisa menambah tinggi badan?

Tidur siang bisa menambah tinggi badan bagi bayi dan anak-anak. Dua kelompok ini masih dalam masa pertumbuhan sehingga ketika tidur, hormon pertumbuhannya aktif dan berpengaruh pada pertumbuhan tinggi badan anak.

Apakah tidur siang bisa menambah berat badan?

Sampai saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa ada hubungan khusus antara tidur siang dengan berat badan. Namun bisa dipastikan jika terlalu banyak tidur maka tubuh hanya membakar sedikit kalori yang menyebabkan berat badan terkesan bertambah.

Apakah tidur siang bisa menurunkan berat badan?

Sebaliknya, sudah ada penelitian yang mengungkapkan jika tidur siang ternyata bisa menurunkan berat badan. Para ahli dari Harvard Medical School menjelaskan bahwa tidur siang bisa membakar 10 persen kalori lebih banyak.

Kesimpulan

Apabila kondisi memungkinkan, sempatkan sedikit waktu untuk tidur siang. Sebab ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan jika rutin tidur siang.

Usahakan jangan tidur siang lebih dari 20-30 menit. Tidur siang yang terlalu lama akan membuat Anda sulit tidur di malam hari dan ada beberapa penelitian juga yang menghubungkan tidur siang lebih dari satu jam dengan berbagai penyakit. 

Imbangi aktivitas tidur siang dengan pola hidup sehat supaya manfaat yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat. Berbagai informasi menarik lain seputar kesehatan juga bisa Anda dapatkan di Instagram Klinik Silvi Medika.

Artikel Terkait