Klinik & Apotek Silvi Medika

Apa itu Alpha Arbutin dalam Skincare? Ini 3 Manfaatnya!

Apa itu Alpha Arbutin dalam Skincare?
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Alpha arbutin adalah bahan aktif pada skincare yang diklaim dapat mencerahkan, mengatasi hiperpigmentasi, dan meratakan warna kulit. Sebenarnya sudah ada banyak bahan aktif yang memiliki klaim serupa, namun tidak banyak senyawa pencerah kulit yang menjamin kulit bebas iritasi setelah digunakan seperti alpha arbutin ini.

Beberapa sumber bahkan mengatakan bahwa kemampuan alpha arbutin dalam mencerahkan kulit lebih baik dan lebih aman digunakan dibandingkan hidrokuinon yang telah dikenal lama akan kemampuannya untuk mengurangi hiperpigmentasi. Itulah sebabnya alpha arbutin bisa menjadi alternatif bahan yang aman sekaligus efektif dalam mencerahkan kulit dan mengatasi hiperpigmentasi.

Apa itu Alpha Arbutin

Alpha arbutin adalah bahan aktif turunan dari hidrokuinon. Keduanya memiliki struktur kimia yang mirip, tetapi alpha arbutin dianggap lebih stabil dan aman digunakan kulit daripada hidrokuinon. Keberadaan alpha arbutin juga bisa ditemukan dalam beberapa tanaman, seperti blueberry, cranberry, dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Alpha arbutin merupakan bahan penghambat pembentukan melanin. Karena alasan itulah, alpha arbutin sering digunakan dalam beberapa produk skincare yang mampu mengatasi kulit kusam, bintik-bintik gelap, bekas jerawat, dan warna kulit tidak merata akibat paparan sinar matahari.

Fungsi Alpha Arbutin

Fungsi utama alpha arbutin adalah menghambat enzim tirosinase, sebuah enzim yang diperlukan untuk memproduksi melanin. Sebab, jumlah melanin yang banyak menyebabkan hiperpigmentasi yang ditandai dengan kulit kusam, noda atau bintik hitam, dan warna kulit tidak rata.

Menurut penelitian pada Jurnal Syntax Fusion, alpha arbutin merupakan agen depigmentasi yang dilaporkan efektif untuk mencerahkan kulit pada konsentrasi 1% setelah 1 bulan pemakaian. Studi lain dari Jurnal Antioxidant pada 2021 menunjukkan kemampuan depigmentasi pada alpha arbutin juga dipengaruhi oleh senyawa antioksidan di dalamnya. Keberadaan antioksidan ini meningkatkan kemanjuran depigmentasi tanpa menyebabkan kulit mengalami dermatitis setelah digunakan.

Manfaat Alpha Arbutin untuk Wajah

Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan alpha arbutin beserta penjelasan lengkapnya.

1. Mencerahkan dan Meratakan Warna Kulit

Alpha arbutin diketahui dapat membantu mencerahkan kulit yang kusam dan meratakan warna kulit yang belang. Alpha arbutin bekerja dengan cara menghambat enzim tirosinase yang bertugas untuk memproduksi melanin.

Dengan menghambat  produksi melanin, alpha arbutin bisa mengatasi kulit kusam dan memperbaiki penampilan kulit yang tidak merata. Oleh karena itu, penggunaan alpha arbutin secara teratur dapat memberikan efek kulit yang sehat dan cerah.

2. Memudarkan Bintik Gelap dan Bekas Jerawat

Alpha arbutin dikenal sebagai agen depigmentasi karena kemampuannya untuk menghambat enzim tirosinase. Selain itu, alpha arbutin juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab munculnya flek hitam.

Kedua senyawa tersebut saling bersinergi untuk menghambat sintesis eumelanin. Dengan menggunakan alpha arbutin secara teratur, bintik-bintik gelap dan noda bekas jerawat yang menghitam karena hiperpigmentasi dapat memudar dengan sendirinya.

alpha arbutin dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat.
Alpha arbutin dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Gambar oleh Freepik.

3. Mencegah Penuaan Dini

Paparan sinar UV dalam jangka waktu lama dan intensitas yang tinggi bisa menstimulasi produksi reactive oxygen species (ROS) pada kulit. ROS adalah suatu radikal bebas yang merusak membran sel kulit sehingga menimbulkan penuaan dini.

Masalah penuaan dini dapat di atasi dengan menggunakan antioksidan yang terkandung dalam alpha arbutin. Antioksidan dalam alpha arbutin dapat menangkal radikal bebas sehingga mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Efek Samping Alpha Arbutin

Menurut Skin Kraft, alpha arbutin terbukti aman digunakan oleh kulit dengan konsentrasi 3% Р4%. Meskipun alpha arbutin sebenarnya cocok digunakan oleh semua jenis kulit, namun ada beberapa kasus yang sangat jarang terjadi di mana pengaplikasian alpha arbutin menyebabkan timbulnya reaksi alergi. Beberapa efek samping penggunaan alpha arbutin yang mungkin terjadi antara lain  jerawat ringan, sensitivitas terhadap sinar matahari, dan kulit kemerahan.

Bahan yang Boleh Dicampur dengan Alpha Arbutin

Alpha Arbutin dapat digunakan bersama dengan beberapa bahan aktif lain untuk menambah manfaat dan mengatasi masalah kulit dengan cepat. Berikut adalah beberapa bahan yang aman digunakan bersama alpha arbutin:

1. Alpha Arbutin dan Vitamin C

Alpha arbutin bekerja dengan menghambat produksi melanin. Sedangkan vitamin C yang kaya akan senyawa antioksidan membantu untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Keduanya dapat digunakan secara bersamaan dalam rangkaian perawatan kulit Anda. Penggunaan alpha arbutin dan vitamin C dapat memberikan manfaat yang optimal untuk mengatasi hiperpigmentasi dengan cepat.

2. Alpha Arbutin dan Retinol

Gabungan alpha arbutin dan retinol bisa mengatasi hiperpigmentasi, khususnya menghilangkan noda bekas jerawat. Cara kerjanya adalah, alpha arbutin menghambat produksi melanin yang berpotensi untuk semakin menggelapkan noda bekas jerawat. Di sisi lain, retinol membantu merangsang regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen supaya sel kulit lama yang telah rusak bisa segera digantikan oleh sel kulit baru.

Kombinasi alpha arbutin dan retinol ini tidak bisa serta merta digabungkan. Apabila Anda belum pernah menggunakan 2 bahan ini secara bersamaan, ada baiknya untuk menggunakan alpha arbutin dan retinol dengan tingkat konsentrasi rendah.

3. Alpha Arbutin dan Glutation

Alpha arbutin dan glutation sama-sama memiliki sifat antioksidan. Kombinasi keduanya dapat membuat aktivitas antioksidan menjadi lebih kuat.

Meningkatnya aktivitas antioksidan membuat kulit dapat maksimal untuk melawan radikal bebas yang berasal dari paparan sinar UV ataupun polusi yang ada di lingkungan. Sehingga menggabungkan alpha arbutin dan glutation dapat secara efektif mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

4. Alpha Arbutin dan Hyaluronic Acid

Walaupun alpha arbutin jarang menimbulkan reaksi alergi, namun tetap ada beberapa jenis kulit yang justru menjadi kering atau kesat setelah menggunakan alpha arbutin. Untuk mencegah masalah tersebut, gunakan skincare dengan kandungan hyaluronic acid setelah mengaplikasikan alpha arbutin.

Gunakan alpha arbutin terlebih dahulu untuk mencerahkan kulit. Lanjutkan dengan hyaluronic acid yang dapat memberikan kelembapan tambahan pada kulit yang terasa kering setelah menggunakan alpha arbutin.

Bahan yang Tidak Boleh Dicampur dengan Alpha Arbutin

Alpha arbutin umumnya dianggap aman digunakan bersamaan dengan bahan-bahan aktif perawatan kulit lainnya. Namun ada beberapa pendapat yang mengklaim alpha arbutin tidak bisa digunakan bersama 2 bahan berikut ini.

1. Alpha Arbutin dan Niacinamide

Penggunaan alpha arbutin dan niacinamide secara bersamaan sebenarnya tidak menunjukkan kontraindikasi berbahaya yang signifikan. Namun menggunakan kedua bahan tersebut secara bersama-sama dapat mengurangi efektivitas satu sama lain. Sebab, niacinamide dianggap dapat menetralkan efek dari alpha arbutin ketika keduanya digunakan bersamaan.

2. Alpha Arbutin dan Benzoyl Peroxide

Alpha arbutin dan benzoyl peroxide adalah 2 bahan aktif yang memiliki manfaat berbeda. Alpha arbutin bermanfaat untuk mencerahkan kulit, sedangkan benzoyl peroxide mengobati jerawat. Meski begitu, keduanya tidak boleh digunakan bersamaan.

Benzoyl peroxide merupakan bahan yang sangat reaktif sehingga dapat mengoksidasi bahan perawat kulit lainnya, termasuk alpha arbutin. Lebih baik gunakan alpha arbutin dan benzoyl peroxide pada waktu yang berbeda. Misalnya alpha arbutin pada pagi hari, sedangkan benzoyl peroxide pada malam hari.

FAQ

Apa itu alpha arbutin?

Alpha arbutin adalah bahan aktif turunan dari hidrokuinon yang dapat mengatasi hiperpigmentasi dengan efektif dan lebih aman dibandingkan bahan pencerah lainnya.

Apa perbedaan arbutin dan alpha arbutin?

Arbutin dan alpha arbutin adalah 2 bentuk berbeda dari senyawa yang sama. Mereka memiliki perbedaan dari segi struktur kimia dan efektivitasnya dalam mengatasi hiperpigmentasi. Struktur kimia alpha arbutin memiliki tambahan sebuah gugus hidroksil pada posisi alfa, yang memungkinkannya untuk lebih efisien dalam menghambat produksi melanin pada kulit dibandingkan dengan arbutin biasa.

Apa fungsi alpha arbutin?

Fungsi utama dari alpha arbutin adalah menghambat enzim tirosinase, sebuah enzim yang diperlukan untuk memproduksi melanin. Dengan mengurangi produksi melanin, maka masalah hiperpigmentasi dapat segera teratasi.

Apa manfaat alpha arbutin?

Alpha arbutin adalah bahan perawatan kulit yang mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit, memudarkan bintik hitam dan noda bekas jerawat, serta mencegah penuaan dini.

Apakah alpha arbutin aman?

Alpha arbutin adalah bahan pencerah kulit yang relatif aman digunakan oleh berbagai jenis kulit.

Alpha arbutin dipakai kapan?

Alpha arbutin aman digunakan 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari sebelum menggunakan pelembap dan sunscreen, serta malam hari sesudah penggunaan produk perawatan kulit seperti retinol.

Alpha arbutin cocok untuk kulit apa?

Alpha arbutin cocok digunakan untuk kulit normal, berminyak, kering, hingga yang sensitif sekalipun.

Alpha arbutin tidak boleh dicampur dengan apa?

Alpha arbutin tidak boleh dicampur dengan niacinamide dan benzoyl peroksida karena dapat mengurangi efektivitas alpha arbutin itu sendiri.

Apakah retinol boleh dicampur dengan alpha arbutin?

Retinol boleh dicampur dengan alpha arbutin. Bahkan kombinasi keduanya ampuh menghilangkan bekas jerawat.

Apakah alpha arbutin boleh dicampur dengan niacinamide?

Alpha arbutin tidak boleh dicampur dengan niacinamide. Sebab menggunakan kedua bahan tersebut secara bersamaan dapat mengurangi efektivitas satu sama lain

Apakah alpha arbutin boleh dicampur dengan hyaluronic acid?

Alpha arbutin boleh dicampur dengan hyaluronic acid. Gunakan alpha arbutin terlebih dahulu untuk mencerahkan kulit. Lanjutkan dengan hyaluronic acid yang dapat memberikan kelembapan tambahan pada kulit

Kesimpulan

Alpha arbutin merupakan bahan perawatan kulit yang bisa menurunkan produksi melanin sehingga bagus untuk mengatasi hiperpigmentasi. Alpha arbutin bermanfaat untuk mencerahkan kulit, memudarkan bintik gelap dan bekas jerawat, serta mencegah penuaan dini akibat paparan sinar UV.

Meskipun alpha arbutin umumnya aman digunakan, beberapa efek samping seperti jerawat ringan, sensitivitas terhadap sinar matahari, dan kulit kemerahan dapat terjadi pada beberapa kasus.

Alpha arbutin dapat digunakan bersama dengan beberapa bahan aktif lain, seperti vitamin C, retinol, glutation, dan hyaluronic acid untuk menambah manfaat dan menuntaskan masalah kulit dengan cepat.

Di sisi lain, alpha arbutin tidak boleh digunakan bersama niacinamide dan benzoyl peroxide karena dapat menurunkan kinerja dari alpha arbutin.

Artikel Terkait