Klinik & Apotek Silvi Medika

Rekomendasi Basic Skincare untuk Pria

Basic skincare untuk Pria
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Selama ini skincare kerap diidentikkan dengan produk khusus wanita saja. Padahal pria pun membutuhkan skincare supaya kulit mereka menjadi lebih sehat dan tampak terawat. Rangkaian basic skincare pria sebenarnya tidak jauh berbeda dengan basic skincare wanita. Yakni terdiri atas tahap membersihkan, melembapkan, serta perlindungan terhadap bahaya paparan sinar matahari.

Nah, saat ini tidak sulit mencari produk perawatan kulit khusus pria atau produk skincare yang bersifat gender-neutral alias diperuntukkan bagi siapa pun terlepas dari jenis kelamin maupun identitas gendernya. Namun bagi Anda yang masih kebingungan untuk menentukan produk basic skincare yang tepat maka ada baiknya membaca rekomendasi basic skincare untuk pria berikut ini!

Basic Skincare untuk Pria

Basic skincare untuk pria terdiri atas tahapan membersihkan, melembapkan, dan proteksi dari paparan sinar matahari. Karena itu produk yang digunakan pun hanya sedikit sehingga cocok untuk Anda yang masih pemula dalam dunia per-skincare-an.

Face Wash

Bagi Anda yang aktif beraktivitas di luar ruangan, tahap paling esensial dalam basic skincare untuk pria adalah double cleansing atau pembersihan ganda. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan proses pembersihan kulit wajah yang diawali dengan menghilangkan kotoran atau minyak membandel menggunakan cleanser. Ada banyak jenis cleanser yang bisa Anda gunakan, misalnya micellar water, cleansing balm, atau milk cleanser.

Selanjutnya, cuci muka menggunakan face wash atau sabun muka. Tujuannya untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, serta mengeksfoliasi kulit. 

Pilihlah produk face wash yang sesuai dengan kondisi maupun kebutuhan kulit Anda. Misalnya, apabila Anda memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat, Anda disarankan memakai face wash jenis foam (berbusa) karena lebih optimal dalam mengangkat kotoran dan mengurangi minyak pada wajah. 

Rekomendasi face wash untuk pria:

Toner

pria juga perlu menerapkan basic skincare untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya.
Pria juga perlu menerapkan basic skincare untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya. Gambar oleh Freepik.

Setelah membersihkan wajah menggunakan face wash, biasanya wajah akan terasa kering karena minyak di kulit hilang. Anda bisa kembali melembapkan kulit menggunakan toner yang merupakan produk skincare berbasis air. Beberapa manfaat toner, di antaranya menghidrasi, memberikan efek menyegarkan, dan menenangkan kulit yang meradang atau iritasi.

Selain melembapkan, ada pula toner yang bersifat mengeksfoliasi. Toner jenis ini mengandung eksfoliator seperti AHA, BHA, atau PHA yang bisa membantu mengelupas sel kulit mati yang dapat memicu jerawat. Anda dapat menggunakan toner eksfoliasi 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Rekomendasi toner untuk pria:

Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah jenis perawatan kulit yang fungsi utamanya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pemakaian sunscreen secara rutin tidak hanya mencegah kulit terbakar sinar matahari, melainkan juga mencegah penuaan dini dan risiko kanker kulit akibat radiasi UV. 

Ada beberapa jenis sunscreen yang bisa Anda gunakan, yaitu bentuk krim, gel, stik, hingga spray. Pemilihan jenis sunscreen bisa disesuaikan dengan jenis kulit serta kebutuhan pribadi. Misalnya, Anda bekerja di bawah paparan sinar matahari selama berjam-jam, maka Anda dianjurkan memakai sunscreen krim yang memiliki konsistensi kental serta efektivitas lebih tinggi dalam melindungi kulit. 

Rekomendasi sunscreen untuk pria:

Kesimpulan

Perawatan kulit merupakan kebutuhan esensial, terlepas dari jenis kelamin atau identitas gender seseorang. Selain membuat penampilan lebih menawan, pemakaian skincare secara rutin juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, di antaranya membantu regenerasi sel kulit dan mencegah kanker kulit. 

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara basic skincare untuk pria dan wanita. Penggunaan skincare hanya perlu disesuaikan dengan jenis atau kondisi kulit yang biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik, iklim, atau gaya hidup. 

3 jenis produk basic skincare yang sebaiknya digunakan oleh pria, yaitu face wash (membersihkan kulit), toner (menyegarkan, mengeksfoliasi, dan melembapkan kulit), serta sunscreen (melindungi dari paparan sinar matahari). Namun, Anda boleh saja menambahkan produk lain sesuai dengan kebutuhan, seperti serum, krim pelembap, masker wajah, dan sebagainya jika diperlukan.

Artikel Terkait