Benarkah Manfaat Cuci Muka Sebelum Tidur Bikin Kulit Kita Cerah?

manfaat cuci muka sebelum tidur
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Manfaat cuci muka sebelum tidur bagi banyak orang yang belum mengetahui bahwa kegiatan mencuci muka sebelum tidur mempunyai banyak manfaat yang sangat penting bagi kesehatan wajah.

Dikutip dari healthline, membersihkan muka dengan cara mencuci muka setiap malam lebih penting daripada cuci muka di pagi hari, bahkan bisa dibilang sebagai sebuah keharusan.

Setelah beraktivitas seharian, kulit Anda sudah pasti terpapar berbagai polusi seperti debu, asap kendaraan dan berbagai polusi berbahaya lainnya, terutama buat Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Maka dari itu, Anda sangat disarankan untuk rutin mencuci muka sebelum tidur untuk menghilangkan sisa make up dan kotoran-kotoran yang menempel dari wajah Anda. Jika terlalu sering melewatkan kegiatan mencuci wajah sebelum tidur, risiko munculnya masalah pada kulit wajah Anda akan semakin meningkat, kami yakin Anda tidak mau mengalami hal tersebut.

Supaya Anda tidak menyepelekan aktivitas mencuci muka sebelum tidur, Anda perlu mengetahui berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari aktivitas yang satu ini.

Cuci muka bikin kulit lebih cerah?

cuci muka bikin kulit lebih cerah

Mencuci muka setiap malam sebelum tidur bukanlah sesuatu yang berat. Namun, kenyataannya masih banyak yang belum sadar bahwa hal itu sangat penting dan akhirnya melewatkannya begitu saja.

Anda perlu mencuci muka sebelum tidur untuk menghilangkan kotoran, bekas make up, serta minyak berlebih sehingga wajah Anda bisa kembali bersih.

Seperti yang diungkapkan oleh Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di departemen dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City, bahwa mencuci muka adalah kunci untuk menghilangkan sel-sel mati yang menumpuk di kulit dan berkontribusi pada kulit kusam sehingga Anda bisa memiliki kulit yang lebih sehat dan lebih bercahaya.

Jadi, selain menggunakan berbagai produk perawatan wajah, Anda juga harus rutin untuk cuci muka sebelum tidur supaya kulit Anda lebih cerah.

Baca juga : Kenali Penyebab Bruntusan di Dahi dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Manfaat cuci muka sebelum tidur

cuci muka bikin kulit lebih cerah 2

Saat tidur tidak hanya tubuh Anda saja yang diistirahatkan, tetapi juga kulit. Ini terbukti ketika Anda kurang tidur, maka akan muncul kantung mata yang berada dibawah kelopak mata Anda.

Cuci muka sebelum tidur membantu kulit Anda beristirahat dengan baik sehingga menjadi lebih sehat. Berikut adalah beberapa manfaat cuci muka sebelum tidur :

1. Menjaga kelembaban kulit wajah

Manfaat cuci muka yang pertama yaitu menjaga kelembaban kulit wajah Anda. Paparan sinar UV dan berbagai polusi udara saat Anda beraktivitas sehari-hari bisa membuat kulit Anda kering. Sehingga ketika Anda selesai beraktivitas, Anda perlu mengembalikan kelembaban kulit wajah Anda.

Salah satu caranya adalah dengan mencuci muka. Namun, saat mencuci muka ada hal penting perlu Anda perhatikan yaitu penggunaan sabun cuci muka.

Pilihlah sabun cuci muka yang yang cocok dan lembut di kulit. Karena ada jenis sabun cuci muka yang justru membuat kulit wajah Anda terasa semakin kering dan kaku.

2. Mengurangi risiko munculnya jerawat

Seperti yang Anda tahu, jerawat disebabkan karena bakteri yang menempel di wajah dan pori-pori kulit yang tersumbat. Khususnya buat Anda yang sering menggunakan make up.

Jika Anda melewatkan cuci muka, bakteri-bakteri yang menempel di make up Anda setelah seharian beraktivitas bisa memicu munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya.

Jadi, selain harus memastikan make up Anda sudah terhapus dengan sempurna, Anda juga harus mencuci muka supaya kulit Anda bersih maksimal.

Baca juga : Inilah 4 Cara Menerapkan Pola Makan Sehat Yang Mudah Anda Ikuti

3. Mengurangi kerut di wajah

Paparan sinar UV yang berlebih bisa menyebabkan kulit keriput. Karena, sinar UV bisa memecah jaringan ikat kulit seperti kolagen dan elastin yang terletak pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Rusaknya jaringan ikat kulit bisa menyebabkan kulit Anda kehilangan elastisitas dan akan lebih mudah menimbulkan kerutan di wajah.

Sebagai antisipasi agar hal itu tidak terjadi, Anda harus rutin mencuci wajah sebelum tidur, karena itu bisa membantu menangkal radikal bebas yang menempel di wajah Anda.

4. Membersihkan pori pori kulit

Kebersihan pori-pori kulit sangat penting bagi kesehatan kulit Anda. Pori-pori kulit yang kotor bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kulit berminyak, jerawat, dan juga komedo.

Dengan rutin mencuci muka, Anda membersihkan pori-pori kulit supaya tidak tersumbat oleh debu, polusi, ataupun sisa sisa make up yang menempel.

5. Mengoptimalkan penggunaan skincare

Mencuci muka memang bukan satu satunya langkah untuk perawatan kulit, namun ini bisa membantu tahap perawatan kulit lainnya yang Anda lakukan seperti penggunaan skincare.

Sebelum Anda menggunakan berbagai produk perawatan wajah seperti toner, serum, moisturizer, Alangkah lebih baiknya jika Anda mencuci muka terlebih dahulu agar lebih bersih.

Jika Anda menggunakan skincare dalam kondisi wajah yang belum bersih sempurna, maka itu akan menghambat penyerapan skincare yang Anda gunakan sehingga hasilnya pun kurang maksimal.

Baca juga : 5 Menu Diet Sehat yang Seimbang

6. Mencegah infeksi mata

Anda mungkin belum tahu kalau manfaat mencuci muka sebelum tidur juga bisa mencegah infeksi mata.

Wanita biasanya tidak hanya menggunakan bedak saat merias wajah, tetapi juga maskara atau eyeliner yang diaplikasikan di sekitar mata.

Sebelum tidur, Anda diharuskan untuk membersihkan eyeliner atau maskara tersebut. Karena jika tidak, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dan secara tidak sengaja masuk ke mata Anda ketika tidur bisa menyebabkan mata Anda mengalami iritasi.

Oleh karena itu, agar Anda tidak mengalami hal tersebut, Anda harus membersihkannya menggunakan eye remover dan juga mencuci muka.

Itulah berbagai manfaat cuci muka sebelum tidur yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin. Ini menjadi salah satu hal sederhana dan juga penting dalam rangka merawat kulit Anda agar tetap sehat dan bersih.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir semoga informasinya bermanfaat.
Berbagai informasi dan tips seputar kesehatan lainnya juga bisa Anda dapatkan di instagram klinik silvi medika.

Artikel Terkait

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Susu kedelai adalah alternatif yang lebih sehat dibanding susu sapi. Susu kedelai jauh lebih baik untuk ibu hamil karena mengandung protein, kalsium, dan vitamin D dalam jumlah tinggi. Nutrisi ini penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan bayinya.

Baca Selengkapnya