Home / Berita

Detail Berita

6 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah, Alami dan Non Alami

menghilangkan flek hitam di wajah

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Bisa menggunakan cara alami dan juga non alami atau menggunakan cara medis.

Hiperpigmentasi atau flek hitam memang menjadi masalah kulit yang sering dihadapi hampir sebagian besar orang. Masalah ini cukup menjengkelkan karena bisa membuat kulit Anda tampak kusam dan berbintik sehingga bisa mengganggu penampilan.

Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit seperti yang terjadi pada jerawat. Namun, Anda tetap harus segera mengatasinya supaya kulit Anda bisa kembali bersih dan cerah lagi.

Buat Anda yang masih bingung bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah, pada artikel ini kami akan menunjukkan beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Simak artikel ini sampai akhir.

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

penyebab munculnya flek hitam di wajah

Sebelum mengetahui cara menghilangkan flek hitam di wajah, Anda terlebih dahulu perlu mengetahui apa saja yang sebenarnya menyebabkan flek hitam.

Penyebab umum timbulnya flek hitam adalah produksi melanin yang berlebihan. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit. Ini diproduksi oleh sel-sel kulit yang disebut melanosit.

Beberapa kondisi atau faktor yang berbeda dapat mengubah produksi melanin dalam tubuh Anda, seperti diantaranya :

  • Paparan sinar UV dari matahari
  • Perubahan hormon
  • Efek samping obat atau kosmetik
  • Bekas jerawat
  • Perubahan hormon
  • Usia
  • Genetika dll

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Lebih banyak orang yang memilih mencoba produk skincare untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Belum banyak yang tahu bahwa menghilangkan flek hitam juga bisa menggunakan bahan alami.

Namun, baik itu menggunakan bahan alami maupun non alami, keduanya sama sama baik. Yang terpenting adalah bahan tersebut cocok untuk kondisi kulit Anda dan efektif untuk menghilangkan flek hitam yang mengganggu.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

1. Lidah Buaya

Sudah tidak diragukan lagi bahwa lidah buaya punya banyak manfaat untuk perawatan kulit, salah satunya untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Lidah buaya memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Magnesium, Folat, dan juga antioksidan.

Selain untuk menghilangkan flek hitam, lidah buaya juga bisa melembabkan kulit, mengobati jerawat, menghilangkan bruntusan dan masih banyak lagi.

Penggunaannya pun sangat mudah, cukup oles kan daging lidah buaya pada wajah atau area yang diinginkan secara merata, jangan lupa sambil di pijat lembut. Setelah itu diamkan beberapa menit agar meresap ke dalam kulit, lalu bersihkan dengan sabun dan cuci hingga bersih.

Baca juga : Jangan Asal! Ini Urutan Skincare Malam Yang Benar

2. Air Perasan Lemon

air perasan lemon

Air perasan lemon juga dipercaya mampu menyamarkan flek hitam di wajah. Kandungan vitamin C dalam air lemon membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit Anda.

Disamping untuk menghilangkan flek hitam di wajah, Anda juga bisa menggunakan air perasan lemon untuk melawan penuaan dini, mencerahkan wajah, serta menangkal radikal bebas yang Anda hadapi saat aktifitas sehari-hari.

Cara pemakaiannya pun sederhana, setelah Anda memiliki air hasil perasan lemon, selanjutnya oleskan ke seluruh area wajah Anda menggunakan bantuan kapas. Biarkan selama beberapa saat hingga kering, barulah kemudian bilas dengan air hingga bersih.

3. Kentang

Belum banyak yang tahu jika kentang memiliki manfaat yang bisa membantu menghilangkan flek hitam di wajah.

Selama ini orang hanya memanfanfaatkan kentang sebagai bahan makanan yang kaya akan karbohidrat. Biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi atau dimasak dengan campuran sayur-sayuran lain.

Tapi ternyata, kentang punya banyak manfaat untuk wajah, seperti mengatasi jerawat, memudarkan bekas jerawat, mengatasi flek hitam, dan masih banyak lagi.

Sebelum digunakan sebagai masker, cuci kentang terlebih dahulu hingga bersih. Kemudian iris tipis-tipis dan tempelkan irisan kentang tersebut pada wajah Anda. Biarkan selama beberapa menit dan bilas menggunakan air hangat.

Baca juga : Manfaat Niacinamide Ampuh Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya

4. Eksfoliasi Kimia

Flek hitam bisa disebabkan karena sel kulit mati yang menumpuk dan paparan sinar matahari. Maka dari itu, kamu bisa mencoba melakukan eksfoliasi untuk mengatasi flek hitam di wajah.

Ada beberapa jenis eksfoliasi yang bisa Anda lakukan. Namun, untuk mengatasi flek hitam, Anda bisa melakukan eksfoliasi kimia.

Pada prosedur ini, dokter kulit akan mengoleskan cairan kimia berupa asam glikolat atau asam trikloroasetat untuk mengelupas area kulit wajah yang terdapat flek hitam agar tergantikan oleh lapisan kulit yang lebih sehat.

Akan tetapi, tindakan medis ini memiliki efek samping. Beberapa efek samping akibat chemical peeling adalah kulit kemerahan, kulit terasa perih, kulit terkelupas, iritasi, kulit bersisik, hingga pembengkakan.

5. Krim Pencerah Wajah

krim pencerah wajah

Langkah ini mungkin yang paling umum dilakukan untuk mengatasi masalah flek hitam pada wajah, yaitu menggunakan krim malam.

Penggunaan krim malam dengan kandungan bahan tertentu akan membantu Anda menghilangkan flek hitam dan juga mencerahkan wajah.

Beberapa kandungan krim malam yang bisa Anda gunakan diantaranya berbahan dasar hydroquinone, alpha hydrox acid (AHA), vitamin C, kojic acid, atau cysteamine.

6. Skincare yang Mengandung Retinol

Retinol merupakan kandungan bahan aktif turunan vitamin A. Anda bisa memilih skincare yang memiliki kandungan retinol untuk menghilangkan flek hitam.

Selain untuk mengatasi flek hitam, retinol juga memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk kulit, seperti mengatasi jerawat, mengangkat sel kulit mati, hingga memperlambat tanda penuaan.

Selain retinol, produk skincare ini biasanya juga mengandung AHA yang baik untuk mempercepat regenerasi sel kulit dan eksfoliasi sehingga kulit lebih sehat.

Itulah berbagai penyebab dan cara menghilangkan flek kulit hitam di wajah. Jika Anda memilih menggunakan cara non alami, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kecantikan agar lebih aman.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda. Berbagai informasi menarik lainnya seputar dunia kesehatan juga bisa Anda dapatkan di instagram klinik silvi medika.

Share

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.