Klinik & Apotek Silvi Medika

Rekomendasi Basic Skincare untuk Remaja

Rekomendasi basic skincare untuk remaja
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Remaja merupakan proses peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Pada fase ini, remaja tidak hanya akan mengalami perubahan aktivitas yang menjadi semakin padat, tetapi juga terjadi perubahan hormon. Berubahnya hormon tentu berpengaruh terhadap penampilan remaja, termasuk tampilan kulit yang menjadi rentan mengalami jerawat, kusam, kering, dan berminyak.

Oleh karena itu, remaja perlu merawat kulit mereka dengan basic skincare yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Basic skincare tersebut tidaklah sulit untuk dicari karena pada artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi produk skincare yang baik untuk remaja.

Basic Skincare untuk Remaja

Perawatan kulit perlu dilakukan sejak remaja, karena di saat remaja perubahan hormon sudah dapat menimbulkan masalah kulit. Masalah kulit seperti jerawat, kusam, dan berminyak merupakan masalah kulit yang bisa menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya remaja perlu rutin menerapkan basic skincare sebagai berikut.

1. Sabun Wajah

Kondisi kulit wajah remaja biasanya rentan berminyak dan kusam akibat paparan sinar matahari dan polusi. Selain mengganggu penampilan, kondisi ini juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo di kemudian hari. Itu sebabnya, Anda tidak boleh melewatkan penggunaan sabun wajah.

Pilih sabun wajah yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Apabila kulit Anda mudah berminyak, maka gunakan sabun muka dengan kandungan salicylic acid yang ampuh mengendalikan minyak dan mencegah jerawat. Atau pilih sabun wajah yang mengandung hyaluronic acid yang dikenal mampu melembapkan dan menghidrasi kulit kering.

Rekomendasi sabun wajah untuk remaja:

2. Toner

Toner merupakan basic skincare yang sudah bisa digunakan oleh remaja mulai usia 12 tahun. Penggunaan toner ini bisa menyelesaikan masalah-masalah kulit remaja yang biasanya berkutat pada jerawat, kulit kusam, dan berminyak. Tetapi dengan catatan, toner yang dipilih sesuai dengan kondisi kulit Anda saat ini.

Toner yang bagus untuk remaja biasanya mengandung bahan, seperti niacinamide (mengontrol minyak), salicylic acid (mengobati jerawat), dan ceramide (humektan yang bisa melembapkan kulit). Hindari penggunaan toner yang mengandung alkohol dan parfum karena akan memicu kulit menjadi lebih sensitif.

Rekomendasi toner untuk remaja:

3. Pelembap

Mau apapun jenis kulit Anda, pelembap merupakan skincare yang mutlak dibutuhkan. Terlebih bagi remaja yang sering beraktivitas di luar ruangan. Apabila kulit tidak terhidrasi dengan baik, maka kulit akan rentan mengalami penuaan dini akibat paparan radikal bebas.

Produk pelembap sudah dilengkapi emolien dan humektan yang mampu menarik air dari permukaan masuk ke dalam kulit. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik akan menciptakan tampilan kulit yang sehat, kenyal, dan bersinar.

Rekomendasi pelembap untuk remaja:

4. Sunscreen

salah satu basic skincare untuk remaja adalah menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan.
Salah satu basic skincare untuk remaja adalah menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Gambar oleh pvproductions dari Freepik.

Padatnya aktivitas di luar ruangan membuat kulit remaja sering terpapar polusi udara, paparan sinar matahari, dan faktor lingkungan lain yang dapat merusak kulit. Jika dibiarkan begitu saja, remaja dapat mengalami penuaan dini, hiperpigmentasi, dan yang terburuk adalah risiko kanker kulit.

Oleh karena itu, gunakan proteksi dari sunscreen dengan nilai SPF minimal 30 dan PA plus 3 ke atas. Oleskan sunscreen ke permukaan kulit, minimal 30 menit sebelum keluar rumah untuk  membantu menciptakan lapisan pelindung yang membantu menghalangi efek buruk dari paparan lingkungan.

Rekomendasi sunscreen untuk remaja:

Kesimpulan

Masa remaja adalah fase peralihan dari kanak-kanak ke dewasa yang melibatkan perubahan aktivitas dan hormon. Perubahan hormon ini memengaruhi kondisi kulit remaja, membuatnya rentan terhadap masalah seperti jerawat, kulit kusam, kering, dan berminyak. Oleh karena itu, penting bagi remaja untuk merawat kulit mereka dengan basic skincare yang meliputi sabun wajah, toner, pelembap, dan sunscreen.

Sabun wajah membantu mengatasi minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk akibat paparan sinar matahari dan polusi. Pilih sabun wajah sesuai dengan jenis kulit, seperti yang mengandung salicylic acid untuk kulit berminyak dan hyaluronic acid untuk kulit kering.

Toner membantu mengatasi masalah kulit remaja seperti jerawat, kulit kusam, dan berminyak. Pilih toner yang sesuai dengan kondisi kulit, mengandung niacinamide, salicylic acid, atau ceramide, dan hindari toner yang mengandung alkohol dan parfum.

Pelembap penting untuk semua jenis kulit, terutama bagi remaja yang sering beraktivitas di luar ruangan. Pelembap membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, mencegah penuaan dini, dan menciptakan tampilan kulit yang sehat dan bersinar.

Terakhir gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari polusi udara, paparan sinar matahari, dan faktor lingkungan yang dapat merusak kulit. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan PA+++ untuk mencegah penuaan dini, hiperpigmentasi, dan risiko kanker kulit.

Artikel Terkait