Klinik & Apotek Silvi Medika

Apa itu Centella Asiatica dalam Skincare? Ini 3 Fungsinya!

Apa itu Centella Asiatica dalam Skincare? Ini 3 Fungsinya!
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Banyak tanaman obat yang kemudian dimanfaatkan sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah, salah satunya adalah Centella asiatica. Centella asiatica telah dikenal sebagai tanaman obat karena kandungan senyawa antibakteri di dalamnya sangat berkhasiat bagi kesehatan, terutama mempercepat penyembuhan luka.

Selain mampu menyembuhkan luka pada permukaan kulit, masih ada penelitian-penelitian lain yang berhasil menemukan manfaat Centella asiatica lainnya. Mari simak ulasan mengenai berbagai manfaat centella asiatica untuk perawatan wajah berikut ini!

Apa itu Centella Asiatica

Centella asiatica adalah sebuah tanaman yang dikenal juga dengan nama pegagan atau gotu kola. Tanaman ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, terutama di benua Asia. Centella asiatica memiliki daun berbentuk bundar kecil dengan batang menjalar yang tumbuh di daerah tropis, seperti di negara-negara Asia Tenggara serta sebagian wilayah India dan China.

Tanaman ini telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti perawatan luka bakar, perawatan kulit, dan meningkatkan kesehatan mental. Centella asiatica juga telah menjadi bahan yang populer karena mengandung beberapa senyawa bioaktif berupa triterpenoid saponin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan.

Senyawa triterpenoid saponin memiliki asiatikosida sebagai bahan aktif yang dapat mengobati serta merawat kulit, meningkatkan daya ingat, dan mengatasi pikun. Lebih lanjut, Beauty and Beauty Health Education Journal menjelaskan bahwa asiatikosida memiliki sifat antioksidan, antibakteri, sekaligus antiinflamasi yang berperan penting dalam mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari, meningkatkan produksi kolagen, serta mempercepat penyembuhan luka.

Fungsi Centella Asiatica

Centella asiatica merupakan tanaman obat yang memiliki zat kimia berupa asiatikosida yang menjadi sumber antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri sehingga banyak diyakini dapat bermanfaat untuk merawat kulit hingga menjaga kesehatan mental.

1. Merawat Kulit

Ada banyak manfaat yang diberikan Centella asiatica bagi kulit kita. Pertama, kandungan asiatikosida dalam Centella asiatica dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen bekerja dengan cara menarik sel-sel kulit baru ke area kulit yang terluka. Semakin banyak produksi kolagen dalam tubuh, maka luka akan lebih semakin cepat pulih.

Selain itu, asiatikosida juga merupakan sumber antioksidan yang bagus untuk merawat kulit. Sifat antioksidan membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit. Hal ini dapat membantu kulit tetap sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Bagi Anda yang memiliki kondisi acne prone skin, jangan ragu untuk menggunakan skincare dengan kandungan Centella asiatica. Kombinasi sifat antiinflamasi dan antibakteri di dalamnya ampuh mematikan bakteri Propionibacterium acnes sehingga jerawat meradang dapat teratasi sekaligus mencegahnya muncul kembali.

2. Mengatasi Berbagai Penyakit Akibat Bakteri

Dalam pengobatan tradisional, Centella asiatica diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri, seperti tuberkulosis, diare, dan difteri. Kemampuannya ini tidak lepas dari keberadaan ekstrak methanol, aseton, kloroform, dan kalus dengan nilai konsentrasi sebesar 10 sampai 100 µg.

Dalam Assessment Report on Centella asiatica, senyawa-senyawa kimia tadi  memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri Bacillus cereus dan Escherichia coli yang bisa mengiritasi organ pencernaan. Staphylococcus aureus penyebab iritasi pada saluran pernapasan dan jantung. Serta Pseudomonas aeruginosa yang bisa mengiritasi organ saluran kemih.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa Centella asiatica memiliki potensi untuk menjaga kesehatan mental. Dalam penelitian di Journal of Ethnopharmacology misalnya, ekstrak Centella asiatica ternyata memiliki efek ansiolitik yang berasal dari zat madecassoside dan asiatikosida.

Efek ansiolitik sendiri merujuk pada efek menenangkan yang biasanya terdapat pada obat-obatan untuk mengurangi kecemasan dan stres. Sehingga setelah pemberian ekstrak centella asiatica, terjadi perubahan signifikan di mana tikus mulai menunjukkan gerakan-gerakan mereka telah kembali normal.

Manfaat Centella Asiatica untuk Wajah

Sebagai tanaman obat, Centella asiatica telah dipercaya untuk menangani berbagai masalah kulit utamanya kulit wajah. Berikut ini adalah manfaat dari penggunaan Centella asiatica untuk wajah Anda:

1. Memperlambat Munculnya Penuaan Kulit

Tanda-tanda penuaan yang muncul seiring dengan bertambahnya usia atau paparan polusi memang tidak dapat dihindari. Namun proses penuaan bisa Anda perlambat dengan melakukan perawatan menggunakan skincare berbahan dasar Centella asiatica.

Centella asiatica memiliki sifat antioksidan sekaligus 4 senyawa unggulan yang menjadikannya anti aging terbaik. Senyawa tersebut adalah asiatikosida, asam asiatic, madecassoside, dan asam madasiatik. Kombinasi antioksidan dan senyawa-senyawa tersebut mampu menstimulasi produksi kolagen pada kulit supaya kulit menjadi lebih elastis dan terhindar dari kerutan serta garis-garis halus yang bisa muncul akibat menurunnya kadar kolagen.

2. Menghidrasi Kulit Kering

Tampilan kulit yang bersih dan sehat berasal dari kulit yang lembap. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelembapan kulit dengan minum air putih yang cukup dan merawatnya dengan Centella asiatica.

Centella asiatica sudah banyak digunakan di dalam produk-produk skincare karena kemampuannya menjaga kelembapan kulit dalam jangka waktu lama. Apabila kelembapan terjaga, maka skin barrier akan menjadi lebih kuat sehingga mampu melindungi kulit dari paparan lingkungan yang merusak seperti polusi udara, sinar UV, dan suhu ekstrim.

centella asiatica bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah.
Centella asiatica bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah. Gambar oleh Freepik.

3. Mengobati Jerawat

Sudah banyak produk skincare khusus jerawat yang menyertakan kandungan Centella asiatica di dalamnya. Hal ini bukanlah klaim semata karena sudah banyak sumber yang menyatakan bahwa Centella asiatica memang mampu mengobati jerawat yang ringan hingga yang meradang sekalipun.

Keberadaan sifat antiinflamasi pada Centella asiatica merupakan hal penting yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. Selain itu, sifat antibakterinya juga mampu mencegah bakteri untuk datang kembali dan menimbulkan jerawat baru.

Efek Samping Centella Asiatica untuk Wajah

Centella asiatica adalah bahan aktif yang aman digunakan oleh semua jenis kulit karena minim efek samping. Meskipun efek samping jarang terjadi, namun bisa saja Centella asiatica memunculkan efek alergi pada siapa saja yang baru mencobanya pertama kali.

Reaksi alergi yang umum muncul setelah mengaplikasikan Centella asiatica adalah rasa terbakar pada kulit atau dermatitis kontak. Itu sebabnya, penting untuk melakukan spot test dengan cara mengoleskan skincare dengan kandungan Centella asiatica di lengan dan menunggu reaksinya selama 24 jam.

Bahan yang Boleh Digunakan Bersama Centella Asiatica 

1. Retinol

Mencampurkan retinol dan Centella asiatica bisa menjadi pilihan yang bagus untuk mencegah penuaan dini. Retinol sebagai turunan dari vitamin A efektif dalam merangsang regenerasi sel-sel kulit, membantu mengurangi garis halus, dan kerutan.

Namun karena retinol berpotensi menyebabkan kulit menjadi kering, Anda perlu menggunakan centella asiatica untuk membantu melembapkan kulit. Selain melembapkan, Centella asiatica juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi efek samping dari retinol.

2. AHA/BHA

AHA/BHA adalah eksfoliator yang dapat mengangkat lapisan kulit mati yang terkadang menimbulkan efek kemerahan dan kulit kering setelah menggunakannya. Salah satu cara untuk meminimalisir risiko tersebut adalah dengan menggunakan Centella asiatica.

Centella asiatica termasuk bahan aktif yang dapat menghidrasi dan menenangkan kulit sehingga cocok digunakan setelah Anda melakukan eksfoliasi. Karena manfaatnya yang saling melengkapi, kandungan AHA/BHA boleh dicampurkan dengan Centella asiatica.

3. Niacinamide

Menurut Paula’s Choice, menggabungkan niacinamide dan Centella asiatica dalam satu produk akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi kulit, dibandingkan jika hanya menggunakan salah satu bahan saja. Sebab keduanya merupakan bahan aktif yang manfaatnya bisa saling melengkapi.

Centella asiatica sebagai bahan aktif yang melembapkan dapat membantu menghidrasi kulit. Sedangkan niacinamide dapat mengontrol produksi minyak dan mengecilkan pori-pori sehingga tampilan wajah akan selalu terlihat bersih.

Selain itu keduanya merupakan bahan aktif yang tinggi antioksidan. Sehingga menggunakan niacinamide dan Centella asiatica dinilai dapat menangkal efek radikal bebas penyebab penuaan dini.

4. Salicylic Acid

Mencampurkan Centella asiatica dengan salicylic acid dapat menjadi kombinasi yang bermanfaat dalam mengobati jerawat dan menyamarkan bekas luka. Sebab, Centella asiatica sendiri memiliki sifat antiinflamasi yang dikenal dapat meredakan peradangan akibat jerawat.

Sementara itu, salicylic acid efektif membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori sehingga kulit akan menjadi lebih bersih dan terhindar dari penumpukan kotoran penyebab jerawat. Manfaat kedua bahan ini bisa saling melengkapi sehingga jerawat bisa segera sembuh.

5. Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah humektan kuat yang dapat mengikat air hingga 1.000 kali lipat dari beratnya sendiri dan mempertahankan kelembapan pada kulit. Dengan kemampuannya sebagai pelembap, hyaluronic acid dapat bertindak sebagai bahan anti aging yang cukup ampuh.

Di sisi lain, Centella asiatica yang memiliki sifat antioksidan serta kandungan asiatikosida, asam asiatic, madecassoside, dan asam madasiatik dapat meningkatkan produksi kolagen. Sehingga menggabungkan hyaluronic acid dengan centella asiatica bisa mengatasi masalah penuaan kulit.

FAQ

Kesimpulan

Centella asiatica adalah tanaman obat yang memiliki beragam fungsi yang diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh. Mulai dari merawat kulit, mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri, dan menjaga kesehatan mental.

Penggunaan Centella asiatica dalam perawatan kulit terbukti bermanfaat dalam merangsang produksi kolagen, melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, kombinasi sifat antiinflamasi dan antibakteri di dalamnya efektif dalam mengatasi jerawat dan mencegahnya muncul kembali.

Efek samping penggunaan Centella asiatica untuk kulit sangat jarang terjadi, tetapi reaksi alergi seperti rasa terbakar atau dermatitis kontak dapat muncul pada beberapa individu. Oleh karena itu, melakukan spot test sebelum penggunaan secara luas sangat disarankan.

Bahan lain seperti retinol, AHA/BHA, niacinamide, salicylic acid, dan hyaluronic acid dapat dikombinasikan dengan Centella asiatica untuk memberikan manfaat yang lebih maksimal. Karena setiap bahan memiliki manfaatnya sendiri-sendiri, sehingga dapat saling melengkapi dan memberikan perawatan yang holistik untuk kulit.

Artikel Terkait